Berjalan di hutan belantara di daerah pegunungan memang sangat menyenangkan. Banyak keuntungan yang bisa didapat mulai mendapatkan udara segar, olahraga, dan yang waktu jauh dari hal-hal seperti internet. Nah, kali ini aku akan memberikan beberapa aplikasi hiking android terbaik yang mungkin cocok untuk membekali diri kamu atau sebagai persiapan ketika mulai menjalani aktifitas hiking, oke kita langsung ke daftar lengkapnya ya.

Baca Juga:

1. 1Weather

1Weather bisa dijadikan sebuah acuan untuk merencanakan hiking ke gunung. Aplikasi ini mencakup banyak hal seperti weather widget, ramalan cuaca, cuaca sekarang, dan juga radar cuaca. Aplikasi ini juga bisa meramal cuaca hingga 12 minggu ke depan. Jadi, aplikasi ini sangat sempurna untuk merencanakan pendakian gunung di masa depan. Selain itu, kamu bisa menentukan terlebih dahulu apakah cuaca di daerah yang kamu tuju mempunyai cuaca yang bagus atau tidak, terlebih lagi daerah gunung memang sedikit tidak stabil jika membicarakan cuaca, minimal kamu bisa mendapatkan informasi tentang cuaca, kelembapan, dan suhu agar kamu bisa membawa peralatan untuk mengatasi hal tersebut. Download 1Weather.

2. BackCountry Navigator

Jika kamu penggemar tracking dan hiking di alam bebas dan pegunungan, ini adalah salah satu aplikasi GPS Android yang harus banget kamu miliki. Memang aplikasi ini cukup mahal, harga yang dipatok pun seharga Rp. 209.000,00. Akan tetapi kamu akan mendapatkan sebuah map topografik yang bisa kamu akses secara offline loh. Kamu bisa menambahkan spot favorit dan memberikan tanda mana rute yang bisa kamu lewati nantinya, ini cocok banget untuk perencanaan sebuah pendakian nantinya. Dengan harga aplikasi yang cukup mahal ini, kamu harus betul-betul cermat ya dalam pembeliannya jika memang kamu gak terlalu butuh, atau gak doyan hiking jangan terlalu memaksakan membeli aplikasi ini. Download BackCountry Navigator.

3. Compass Steel 3D

Compass Steel 3D merupakan aplikasi kompas terbaik untuk saat ini, selain itu aplikasi bisa kamu dapatkan secara gratis dan tidak akan ada in-app purchases maupun iklan di dalamnya. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur, termasuk indikator arah pergerakan matahari dan bulan, waktu matahari terbit dan matahari terbenam dan masih banyak lagi. Cara pemakaiannya pun sangat mudah dan proses kalibrasinya pun tidak membutuhkan cara yang rumit. Yang kamu perlukan untuk aplikasi ini adalah sebuah permission untuk mengakses lokasi untuk mendeteksi mata angin utara. Download Compass Steel 3D.

4. Komoot – Cycling, Hiking & Mountain Biking Maps

Selanjutnya ada Aplikasi Komoot dimana aplikasi ini mampu merencanakan dan merekam perjalanan kita, mengapa aplikasi menjadi rekomendasi?, Bisa dibilang aplikasi ini bisa menjadi dasar kamu untuk memulai perjalanan hiking kamu, mulai dari rute mana yang akan kamu ambil, dan rute ini akan langsung terekam dalam aplikasi ini sehingga ketika kamu ingin ke rute itu lagi kamu tidak akan kesulitan mencari jalan yang sama. Menarik bukan? dan ditambah lagi maps di dalam aplikasi ini bisa mencatat perjalanan secara offline dan ini menjadi nilai plus yang sempurna untuk para pendaki gunung yang profesional ataupun pemula. Download Komoot.

5. Offline Survival Manual

Nah, aplikasi Offline Survival Manual ini juga menjadi sebuah aplikasi yang sangat penting untuk kamu kantongi. Aplikasi menyediakan beberapa informasi tentang berbagai hal dan situasi mulai dari hal-hal basic seperti membuat api, menemukan makanan-makanan yang layak konsumsi, hingga hal-hal komplek seperti dampak psikologi ketika survival ini berlangsung. Kamu juga akan mendapatkan sebuah informasi seputar obat-obatan, tumbuhan, binatang apa saja yang berbahaya, dan beberapa advice ketika kamu di hutan tropis dan kamu juga bisa membuat sebuah senjata dari berbagai piranti yang bisa kamu gunakan untuk berburu. Aplikasi ini sangat cocok jika kamu mencoba survival di hutan dan tidak hanya itu, aplikasi bisa kamu dapatkan secara gratis dan tidak akan ada iklan di dalamnya. Download Offline Survival Manual.

6. Runkeeper

Bisa dibilang Runkeeper merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk fitness. Akan tetapi, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk kegiatan hiking loh, aplikasi ini mampu melacak seberapa jauh perjalanan kamu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melacak perjalanan kamu. Bagaimanapun juga kegiatan mendaki gunung atau hiking merupakan sebuah olahraga yang sangat baik. Kamu juga daat menetapkan tujuan dan melihat kemajuan kamu. Untuk versi gratisnya aplikasi ini mempunyai fitur yang cukup banyak. Jika memang kamu ingin memaksimalkan potensi aplikasi ini, kamu bisa mengupgradenya ke versi premiumnya. Download Runkeeper.

7. Knots 3D

Knots 3D adalah salah satu aplikasi wajib yang mungkin harus ada di tiap smartphone bagi kamu yang hobi hiking. Knots atau simpul merupakan salah satu hal yang wajib kamu pelajari apalagi jika kamu melakukan hiking atau survival life di alam terbuka. Dengan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu mulai dari macam-macam simpul, kegunaan dari berbagai simpul, hingga cara membuat simpul itu sendiri. Selain itu, kamu bisa mempelajari pembuatan simpul tidak hanya dengan gambar saja, tetapi juga dilengkapi dengan gambar 3D sehingga proses pembelajaran kamu akan lebih efektif dan lebih enak. Percaya deh, harga Rp. 84.000,00 akan sangat sebanding dengan ilmu yang kamu dapat di dalam aplikasi ini. Download Knots 3D.

Oke itu tadi beberapa aplikasi hiking Android terbaik saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada masukan tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.