Kabar terbaru datang dari Discord yang akan sedikit me-“tweaking” fitur chat nya agar lebih teroganisir dan rapi. Discord akhirnya memutuskan untuk mengenalkan threaded messaging ke dalam update Discord selanjutnya, fitur ini akan memungkinkan kamu untuk memisahkan percakapan dalam sebuah satu pesan.

Baca Juga:

Bersihkan Percakapan di Discord Dengan Fitur Threads

Kembali dalam bulan Mei 2021 kemarin, Discord sudah mengenalkan fitur Stage Discovery, dan pembahasan threaded messaging sebenarnya sudah ada dalam pengenalan tersebut. Sekarang, fitur threaded messaging sudah hadir dan Discord mendeskripsikan bagaimana cara kerja dari fitur ini secara lengkap di dalam blog resmi dari Discord.

Jika kamu seringkali menggunakan Discord, pastinya kamu tahu bahwa percakapan di dalam Discord sangatlah kacau. Memang aplikasi ini lebih terfokus pada audio conversation untuk berinteraksi, tetapi kadangkala ada juga beberapa user yang menggunakan fitur messaging untuk berinteraksi.

Selain itu ada juga beberapa user yang menggunakan fitur chat untuk melaporkan bug, mendorong mod untuk masuk, dan mengarahkan percakapan kembali ke arah yang benar. Solusi dari kekacauan ini adalah fitur threaded message, dimana pengguna bisa melanjutkan percakapan dalam feed yang benar-benar terpisah tapi masih dalam satu pesan saja.

Nah, setelah thread ini tidak aktif selama 24 jam, maka Discord akan secara otomatis mengarsipkannya. Namun, untuk server yang telah ditingkatkan ke level dua akan mendapatkan opsi untuk memperpanjang tenggat waktu pengarsipan otomatis menjadi 7 hari atau satu minggu.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Thread di Discord

Untuk mengaktifkan Thread di Discord ini cukuplah mudah, dimana kamu tinggal mentap ikon #, selain itu kamu juga dapat membuat thread yang tidak berasal dari pesan yang sudah ada. Cukup tekan tombol + pada bilah obrolan, lalu klik Create Thread.

Saat kamu memulai pembuatan thread, makan fitur itu akan muncul di sisi kanan layar, hal ini memungkinkan kamu untuk melihat percakapan berulir di samping channel dimana tempat kamu berada. Kamu juga dapat melihat daftar pesan berulir di daftar channel kamu. Ketika kamu mentap thread dari daftar tersebut, maka kamu dapat membuka percakapan secara penuh.

Discord juga mencatat bahwa mod akan mendapatkan kontrol atas utas, hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah pengaturannya sesuai keinginan mereka. Selain itu, Mod dapat memutuskan anggota mana yang dapat membuat thread message baik secara publik dan juga dapat memberi beberapa anggota kemampuan untuk mengelolanya.

Bagaimana Threads Dapat Mengubah Pengalaman Percakapan di Discord

Thread ini dijamin akan meningkatkan aliran percakapan di Discord. Dengan adanya riang khusus untuk kata-kata kasar dan balasan di luar topik akan membuat setiap saluran lebih teroganisir dan mudah untuk diikuti.

Kamu juga dapat mengaktifkan thread lebih awal dengan mengaktifkan fitur komunitas di server kamu. Jika tidak, kamu harus menunggu hingga tanggal 17 Agustus 2021, saat fitur ini diluncurkan ke setiap server platform.

Oke itu tadi informasi terbaru dari Discord, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.