Sudah banyak pengguna smartphone yang percaya bahwa jika menggunakan dark mode pada smartphone apalagi dengan layar OLED dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai lebih awet. Terlebih lagi, layar OLED mengkonsumsi sangat sedikit energi jika menampilkan warna hitam, sebaliknya mereka mengkonsumsi lebih banyak daya ketika ketika menampilkan warna terang. Lalu pertanyaanya, apakah hal itu benar adanya?, atau cuma akal-akalan manufaktur saja?.

Baca Juga:

Dark Mode Mempunyai Dampak Kecil Terhadap Masa Pakai Baterai Smartphone Kamu

Sebuah penelitian dilakukan oleh Purdue University yang berfokus pada kefektifitas dark mode terhadap masa pakai baterai smartphone. Pada penelitian ini, para peneliti menguji enam aplikasi Android paling populer di Google Play Store seperti Google Maps, Google News, Google Phone, Google Calendar, YouTube, dan Calculator. Pengujian ini dilakukan pada smartphone Google Pixel 2, Pixel 3, Pixel 5, dan Moto Z3.

Mereka juga menggunakan alat yang dikembangkan oleh tim yang dijuluki Per-Frame OLED Power Profiler (PFOP) yang berfungsi untuk mengukur konsumsi daya setiap piksel, para peneliti menganalsisi bagaimana dark mode dapat memengaruhi aktivitas setiap aplikasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Pada penelitian tersebut mencatat bahwa sebagian besar pengguna cenderung mengaktifkan kecerahan otomatis pada smartphone mereka, lalu mereka menjaga kecerahana layar sekitar 30-40 persen saat berada di dalam ruangan. Para peneliti Purdue menemukan bahwa mengaktifkan mode gelap dengan kecerahan layar antara 30-50 persen hanya menghemat sekitar 3 hingga 9 persen daya baterai rata-rata. Namun ini akan bervariasi tergantung pada smartphone yang kamu gunakan.

Para peneliti juga menemukan bahwa perbedaan penghematan daya sangat kecil sehingga sebagian besar pengguna tidak akan menyadari perbedaanya. Namun, mereka mencatat bahwa semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin tinggi penghematan daya saat menggunakan dark mode. Pada kecerahan 100 persen, beralih dari light mode ke dark mode akan menghemat rata-rata 39 hingga 47 persen daya baterai.

Dark Mode Tidak Menguras Baterai Smartphone Pada Tingkat Kecerahan yang Tinggi

Ini adalah sesuatu hal yang menarik, dimana jumlah daya yang dikonsumsi oleh layar OLED pada tingkat kecerahan lebih rendah dengan light mode akan sama dengan daya yang dikonsumsi layar OLED pada tingkat kecerahan yang lebih tinggi ketika dark mode diaktifkan.

Misalnya, para peneliti menemukan bahwa aplikasi YouTube di Pixel 5 mengkonsumsi jumlah daya yang sama dalam light mode dengan kecerahan layar yang telah diatur ke 20 persen dengan kecerahan yang diatur 50 persen dalam dark mode diaktifkan. Ini berarti kamu dapat meningkatkan kecerahan smartphone saat menggunakan dark mode dan daya pun malah lebih hemat, daripada yang lebih rendah.

Penelitian ini membuktikan bahwa jika dark mode tidak akan membuat perbedaan berarti pada masa pemakaian baterai smartphone. Akan tetapi, penelitian ini juga menyatakan bahwa potensi dark mode lebih bagus diaktifkan ketika kecerahan layar tinggi, sedangkan light mode lebih bagus digunakan ketika kecerahan layar rendah.

Oke, itu tadi opini singkat tentang fitur dark mode di smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.