Ketika aplikasi Android yang berbeda mengalami crash tanpa alasan yang jelas, salah satu penyebab utamanya adalah Android System WebView. Alasannya adalah karena banyak aplikasi Android yang menggunakan komponen ini. Lalu apakah yang dimaksud dengan Android System WebView, apa fungsinya, dan mengapa hal itu begitu penting.

Baca Juga:

Pengertian Android System WebView

Android System Webview adalah komponen sistem yang memungkinkan aplikasi Android Android menampilkan konten web di dalamnya tanpa membuka browser khusus. Dengan kata lain, Android System WebView adalah mesin browser web atau embedded web browser dedicated hanya untuk aplikasi menampilkan konten web.

Semua aplikasi browser seperti Opera, Chrome, Firefox, Vivaldi mendukung Android System WebView. Sistem Android System WebView biasanya sudah diinstal sebelumnya pada sebagian besar smartphone kamu. Dengan begitu, setiap developer yang menggunakannya untuk merender konten internet di dalam aplikasi dan mereka dapat melakukannya tanpa melalui peringatan tentang masalah kompabilitas.

Terus Apa yang Dilakukan oleh Android System WebView?

Nah, pada dewasa ini semua aplikasi yang menggunakan internet seperti Gmail, Twitter, Facebook, Instagram, dan sebagainya telah menggunakan Android System WebView. Hal ini juga makin menyenangkan setelah Google membuat kebijakan yang memudahkan developer untuk merender konten di internet di aplikasi mereka melalui Android System WebView.

Hal akan membuat para pengembang aplikasi Android menghemat banyak waktu karena mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menulis ratusan bahkan ribuan baris kode dari awal. Sebagai gantinya, untuk merender konten web di dalam aplikasi mereka, yang harus mereka lakukan hanyalah memasukkan beberapa baris kode library dari WebView, jika hal tersebut sudah dilakukan maka aplikasi siap untuk digunakan. Bagaimana mantap bukan?.

Apakah Aman Jika Kita Menonaktifkan Android System WebView?

Lalu apakah aman jika kita menonaktifkan Android System WebView?. Jelas hal ini sangat tidak direkomendasikan, dan jika ditanya apakah Android System WebView ini penting?, jawabannya adalah ya!. Bisa dibilang, Android System WebView menjadi bagian yang tak terpisahkan lagi dari Android ketika masa-masa awal Android hingga sekarang. Lalu pada Android 10, sepertinya Google berencana akan memisahkan WebView dari OS inti. Meskipun menjadi aplikasi yang terpisah, tetap saja intuisi pemakaian masihlah sangat penting.

Tetapi ada beberapa pengecualian, kamu dapat menonaktifkan Android System WebView di Android 7.0, 8.0, 9.0 tanpa ada konsekuensi yang serius. Pada versi Android yang disebutkan tadi, Chrome adalah driver utama di balik tugas WebView. Namun pada Android versi terbaru dan pada versi yang lebih lama, rasanya lebih baik jika kamu terus mengaktifkan Android System WebView.

Kamu dapat menonaktifkan WebView jika kamu mau, meskipun kamu tidak dapat menghapus instalan aplikasinya. Tetapi sebuah Disclaimer, proses penonaktifan dari WebView dapat memengaruhi kinerja beberapa aplikasi Android!. Demikian pula, jika ada bug di dalam WebView, semua aplikasi Android yang menggunakan komponen tersebut akan rusak, hal ini lah yang menjadi viral beberapa waktu yang lalu. Selain itu, Androis System WebView bukanlah aplikasi spyware atau bloatware, jadi secara umum tidak ada alasan untuk mengkhawatirkannya kecuali ketika aplikasi kamu crash atau semacamnya.

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki WebView yang Crash?

Sebenarnya permasalahan crash yang dialami WebView bukanlah masalah umum yang ditemui. Namun jika memang kamu mengalami hal ini kemungkinan besar masalahnya ada di WebView. Jika memang aplikasi kamu crash karena hal ini, kamu bisa melakukan berbagai pertolongan pertama untuk memperbaikinya.

Hal pertama adalah update aplikasi Android System WebView and Chrome. Sekitar bulan Maret kemarin, Google membuat sebuah update pada System WebView, pada update malah ditemukan banyak bug yang menyebabkan crash secara tiba-tiba, untungnya GOogle langsung mempebaiki hal ini pada update darurat tidak lama berselang. Langkah pertama buka aplikasi Android System WebView di Play Store, jika kamu punya versi terbaru dari Android System WebView, kamu bisa tap Uninstall dan menginstallnya kembali, jika aplikasi WebView versi lama, maka kamu bisa melihat opsi Update, dan terakhir kamu restart smartphone kamu.

Jika permasalahan masih terjadi, kamu bisa masuk ke langkah kedua dimana kamu menghapus instalan update WebView yang bisa jadi adalah pangkal masalah. Jika kamu baru saja memperbarui System WebView dan/atau Chrome lalu menyadari aplikasi crash setelah update tersebut berlangsung, kamu dapat mencopot pemasangan aplikasi tersebut dan mungkin ini adalah solusi jangka pendek terbaik. Pertama, kamu pergi ke Androis System WebView di Play Store tap Uninstall untuk menghapus update-an dari WebView lalu restart perangkat kamu. Hal yang sama bisa kamu lakukan pada aplikasi Google Chrome. Tetapi patut diingat kamu melakukan langkah ini akan mengakibatkan kehilangan data di beberapa aplikasi.

Memperbaiki Kejadian App Crash di Android

Semua software biasanya mempunyai bug. Di Android sendiri, kamu mungkin mengalami app crash segera setelah kamu mengupdate Android System WebView, jika memang kamu mendapat permasalahan tersebut kamu bisa melakukan dua langkah seperti yang aku rekomendasikan untuk kamu diatas. Kejadian app crash ini hanyalah salah satu dari banyak masalah yang mungkin kamu hadapi di smartphone, tetapi hal ini sebenarnya adalah hal yang relatif mudah untuk diperbaiki.

Oke, itu tadi beberapa tips dan trik mengenail Android System WebView, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya terima kasih!.

Download Android System WebView

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.