via Sohucs

MediaTek merupakan salah satu dari sekian banyak kompetitor yang mampu bertarung dengan Qualcomm secara seimbang dan beberapa tahun kebelakang, MediaTek akhirnya mampu mengungguli Qualcomm. Hal ini terbukti di tahun 2020, dimana secara keseluruhan MediaTek menang cukup telak dari Qualcomm dengan peningkatan market share hingga 10%.

Berdasarkan informasi dari lembaga riset Counterpoint, selama Q2 2021 MediaTek berhasil menjual 43% dari semua chipset di pasar, angka tersebut melebih penjualan chip  Qualcomm yang berada di posisi kedua dan Apple yang berada di posisi ketiga. Namun ketika masuk ke ranah modem 5G, Qualcomm memimpin dengan market share sebesar 55%, sementara Mediatek berada di urutan kedua dengan 30%.

Dominasi Qualcomm berasal dari penjualan Apple iPhone 12 dan terdapat juga permintaan yang cukup besar untuk platform Snapdragon 8XX dan 4XX. Namun, hal tersebut berkebalikan dengan Huawei dimana produsen asal China tersebut menjadi yang paling merugi karena Huawei tidak dapat memproduksi chip baru. Bahkan, smartphone andalan Huawei yakni Huawei P50 malah menggunakan Snapdragon 888.

via Counterpoint

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.