via The Verge

Biasanya Google merilis update Android terbaru di bulan Agustus atau paling lambat itu di awal September seperti ketika perilisan Android 11 tahun lalu. Namun di versi Android terbaru yakni Android 12, perilisannya mengalami keterlambatan, bahkan versi beta 5 atau versi beta terakhir saja baru diresmikan beberapa hari yang lalu. (Baca: Google Rilis Build Android 12 Beta Terakhir)

Jadi, kapan Google akan meluncurkan Android 12?

Pertanyaan tersebut akhirnya mendapatkan sebuah titik terang, walaupun memang masih sebatas rumor. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh XDA Developer, mereka dilaporkan baru saja mendapatkan sebuah dokumen internal Google yang merinci kapan perusahaan akan merilis perangkat lunak berbasis Android 10, Android 11, dan Android 12.

Kalau kamu belum tahu, Google harus memberikan cap persetujuannya atau verifikasi untuk setiap perangkat lunak milik OEM yang diklaim telah lulus uji kompatibilitas yang sudah disesuaikan dengan Layanan Seluler Google (GMS). Dokumen yang dibagikan XDA mencantumkan kapan itu akan terjadi, dan juga mencantumkan kapan Google merilis kode sumber untuk rilis Android tertentu. Berikut adalah detailnya:

Seperti yang bisa kamu lihat, informasi di atas menyebutkan kalau update Android 12 kemungkinan besar akan hadir pada tanggal 4 Oktober mendatang, bertepatan dengan dipublikasikannya kode sumber di Android Open Source Project (AOSP) Gerrit.

Perlu kalian ingat, ini masih sebatas rumor dan Google bisa saja memperbarui waktu rilis dari Android 12 (entah itu lebih cepat atau mungkin lebih lambat). So, untuk informasi yang lebih detail, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya cuma di DroidPoin.

via XDA-Developer

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.