Kegiatan bersepeda sudah menjadi pilihan utama bagi orang-orang untuk berolahraga diluar ruangan. Bahkan ada beberapa orang yang jor-joran mengeluarkan uangnya untuk sekedar membeli sepeda agar bisa melakukan hobinya tersebut. Nah, kali ini aku sudah membuat beberapa aplikasi bersepeda terbaik di Android saat ini, mungkin saja aplikasi yang aku rekomendasikan akan membuat hobi bersepeda kamu menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Oke, kita langsung ke daftar lengkapnya ya.

Baca Juga:

1. Cycling – Bike Tracker

Jika kamu berencana untuk meningkatkan performa bersepeda kamu, langkah pertama jelas kamu harus melacak aktivitas bersepeda kamu. Dengan aplikasi Cycling-Bike Tracker ini, kamu dapat melacak jarak bersepeda, berapa kalori yang kamu bakar, dan kecepatan ketika kamu mengayuh sepeda. Beberapa fitur tambahan pun tidak kalah hebat, seperti pelacakan GPS dan statistik kecepatan, serta ketinggian rata-rata. Dari data-data yang didapatkan ini kamu bisa mengetahui overall kemampuan kamu dan mencapai tujuan kebugaran kamu. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang benar-benar doyan bersepeda atau bahkan atlet bersepeda, ada berbagai macam type yang bisa kamu pilih mulai dari mountain bikers hingga road bikers, atau bahkan professional bikers pun bisa kamu pilih. Salah satu aplikasi wajib punya jika memang kamu doyan bersepeda. Download Cycling-Bike Tracker.

2. Komoot

Sebelum melakukan aktivitas bersepeda tentunya kamu harus merencanakan rute mana yang ingin kamu jelajahi. Hal ini ditujukan untuk menghemat waktu daripada kamu menghabiskan waktu untuk menemukan jalan dan lokasi baru, dan juga kamu bisa membawa barang apa yang kamu butuhkan di lokasi tujuan kamu. Salah satu aplikasi perencanaan terbaik di Android adalah Komoot karena aplikasi mempunyai detail yang sangat baik. Kamu bisa merencanakan perjalanan mulai dari melihat rute-rute terbaik menuju lokasi yang kamu inginkan, melacak kebugaran tubuh dan lain sebagainya. Selain itu Komoot mendukung perangkat seperti Garmin, Wahoo, dan Sigma. Komoot versi premium dilengkapi dengan navigasi suara belokan demi belokan sehingga kamu dapat fokus berkendara, dan juga disertai peta offline untuk dapat digunakan saat kamu berada di luar jangkauan. Download Komoot.

3. Epic Ride Weather

Pastikan selalu kamu menginstall aplikasi weather juga ketika kamu merencanakan bersepeda. Jelas, jika ternyata kita sudah merencakan sebuah perjalanan bersepeda lalu di tengah jalan ternyata hujan pastinya akan membuat kita kesal bukan?. Nah, aplikasi ramalan cuaca seperti Epic Ride Weather ini memang di-desain khusus untuk digunakan oleh pengendara sepeda. Aplikasi ini juga bisa kamu hubungkan ke aplikasi lainnya seperti Strava, Ride With GPS, dan lain sebagainya, hal ini berfungsi agar kamu bisa mendapatkan prediksi cuaca yang tepat di lokasi yang spesifik. Hal ini memang sangat penting sekali karena kamu bisa lebih menikmati perjalanan daripada menghabiskan waktu ketika kamu terjebak hujan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi mendetail seperti kecepatan dan juga suhu angin. Download Epic Ride Weather.

4. First Aid For Cyclist

Kegiatan bersepeda memang sangatlah menyenangkan dan juga menyehatkan, tetapi olahraga ini juga sangat berbahaya karena rawan dengan kecelakaan. Ketika ada salah satu rekan kamu terkena kecelakaan pastinya kamu harus bisa memberikan perawatan pertama untuk mereka agar luka yang diderita tidak masuk ke tahap bahaya. Dengan aplikasi First Aid For Cyclist kamu bisa mempelajari berbagai macam tindakan medis pertama jika ada yang terkena kecelakaan. Dengan aplikasi ini juga kamu dapat mengidentifikasi cedera dan cara terbaik untuk mengobatinya. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan rincian untuk mengetahui tanda-tanda apa yang harus dilakukan untuk mencegah cedera yang lebih parah. First Aid For Cyclist ini mungkin salah satu aplikasi yang harus kamu punya di smartphone kamu untuk mengatisipasi keadaan terburuk. Download First Aid For Cyclist.

5. Zwift

Bagi kamu yang doyan bersepeda tetapi indoor aplikasi Zwift ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Zwift memang didesain untuk para pesepeda indoor dan menyediakan berbagai macam informasi detail agar bisa mendapatkan fitness dan performance goal yang diinginkan. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan lebih dari 1.000 macam workout yang dikurasi oleh pelatih bersepeda indoor kualitas dunia. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berkomunikasi dengan komunitas yang bisa menambah pengalaman kamu ketika bersepeda indoor. Kamu juga bisa menganalisis data yang telah diperoleh aplikasi ini ketika kamu latihan, tentu saja ini penting untuk peningkatkan fitness tubuh ketika berolahraga. Download Zwift.

6. Cyclemeter GPS

Terakhir, ada Cyclemeter GPS yang user-friendlya dan powerful untuk aplikasi navigasi. Aplikasi mampu melacak kegiatan bersepeda kamu dan memantau kebugaran kamu saat berkendara. Satu lagi hal yang hebat tentang aplikasi ini adalah memiliki kalender yang berfungsi untuk merencanakan dan menjadwalkan latiahn bersepeda kamu. Kamu akan lebih mudah termotivasi bersepeda setelah kamu mengetahui seberapa banyak waktu yang telah kamu habiskan untuk bersepeda dan juga jarak yang telah kamu tempuh. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk merencanakan perjalanan berkelompok. Cyclemeter GPS juga menyertakan data statistik untuk perjalanan dan rute yang kamu tempuh, hal ini juga berfungsi untuk menemukan tempat yang menarik ketika kita bersepeda. Untuk membuka semua fiturnya, kamu harus mengupgrade aplikasi ini ke versi berbayar, dan pastinya kamu akan lebih nyaman ketika kamu meningkatkannya ke versi premium . Download Cyclemeter GPS.

Oke, itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi bersepeda android terbaik, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya,terima kasih!.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.