Tepat setelah Google Merilis Chrome 94 ke aplikasi reguler, Google memulai pengembangan lebih lanjut pada Chrome 95, dan pengembangan ini juga sudah masuk ke dalam aplikasi Chrome versi beta. Sepertinya, Google mempercepat jadwal rilis ke siklus empat minggu-an, dan kita akan melihat perombakan yang terjadi di Chrome 95 pada pertengahan Oktober mendatang.

Baca Juga:

Fitur-Fitur Baru yang Hadir di Chrome Beta

Selain perombakan tersebut, strategi baru juga diambil oleh Google yang tampaknya juga akan mengarah lebih sedikit fitur yang diperkenalkan di setiap versi tetap mereka tetap akan memberikan beberapa perubahan setiap update yang terjadi pada Chrome.

Perubahan pertama yaitu Secure Payment Confirmation, hal ini dikarenakan Google ingin meningkatkan autentikasi pembayaran di seluruh web agar lebih aman dan efisien. Itulah sebabnya Google telah menambahkan ekstentsi pembayaran baru ke WebAuthn yang dapat digunakan oleh pihak bank untuk mengautentikasi setiap permintaan yang dibuat saat checkout di toko online.

Perubahan kedua adalah Eyedropper tool support. Tool ini sebenarnya berfungsi sebagai pipet yang disediakan browser untuk membangun kustomisasi warna. Tool ini sebenarnya seringkali ditemukan di aplikasi edit gambar, contohnya seperti Adobe Photoshop yang fungsinya mengambil sampel warna yang kamu lihat dilayar. Jadi bisa dibilang aplikasi Chrome ini akan mempunyai alat pengambil sampel di dalam aplikasi itu sendiri dan gak perlu masuk ke aplikasi pihat ketiga.

Perubahan ketiga adalah Web apps as URL handlers. Dengan fitur akan memungkinkan web apps sebagai handlers URL menggunakan metode yang disediakan oleh browser. Sebelumnya, cara telah dicoba seperti ketika pembuatan kode menggunakan metode pemasangan WebAPK di Android dan diintegrasikan langsung dengan Google di Chrome. Hal ini akan membuat aplikasi web akan terasa seperti aslinya. Google pertama kali menguji fitur ini di Chrome 93, sementara Microsoft lebih cepat dalam impelementasi ke Edge beberapa waktu lalu.

Perubahan keempat yaitu Save tab Groups Chrome 95 untuk desktop menambahkan opsi untuk menyimpan grup tab yaitu setelah kamu mengaktifkan perintah di chrome://flags/#tab-groups-save. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyimpan grup tab untuk digunakan nanti. Sebelumnya, kamu harus kembali ke histori dan merekonstruksi grup tab lama jika kamu menutup aplikasi.

Ada sekitar 4 fitur yang diperkenalkan pada update Google Chrome Beta untuk saat ini, sebenarnya masih ada beberapa fitur minor yang diperkenalkan, akan tetapi sepertinya 4 fitur itulah yang menjadi highlight dari pembaruan Google Chrome Beta versi saat ini.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang update Google Chrome ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.