Home Editorial Apa itu Android System Webview?

Apa itu Android System Webview?

Di setiap device Android pasti memiliki Android System Webview atau TampilanWeb Sistem Android. Mungkin kamu tidak melihatnya di deretan aplikasi, tapi kamu akan selalu diminta untuk mengupdate aplikasi yang satu ini di playstore.

Bila kamu memperhatikan deskripsi dari aplikasi ini di Google Playstore, pastinya mereka menjelaskan seperti berikut:

“Android Webview adalah sistem komponen dari Chrome yang memungkinkan aplikasi Android dapat menampilkan konten web. Komponen ini pre-installed pada perangkat anda dan selalu up to date agar memiliki keamanan terbaru serta perbaikan bug lainnya”

Namun singkatnya, Fungsi dari Android System Webview ialah menampilkan konten web secara langsung dari aplikasi pihak ke-3 apapun yang menggunakan komponen Chrome tanpa harus membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Implementasi dari komponen yang satu ini dapat kamu lihat dari semua aplikasi yang ada di playstore termasuk Facebook, Line, BBM dan lain-lain yang mana bila ada link yang memuat konten web nantinya akan di tampilkan In-App tanpa harus ke browser.

Sejarahnya sendiri, Android System Webview pertama kali hadir di Android 4.4 a.k.a KitKat yang awalnya menggunakan basis open source dari Google Chrome dan sejak di Android 5.0 (Lolipop) dijadikan sebuah aplikasi terpisah sehingga dapat terus di perbarui di Google Playstore tanpa memerlukan update firmware terbaru. Jadi untuk versi Android 4.3 (Jellybean) dan di bawahnya, masih menggunakan source code dari WebKit Apple seperti yang ada pada browser Safari.

Untuk itu, pastikan kamu selalu memperbarui aplikasi ini karena apabila ada web konten dari aplikasi favorit kamu hanya menampilkan halaman blank putih tapi koneksi tetap stabil, itu tandanya kamu harus segera memperbarui aplikasi tersebut.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend | Use @Uray Febri if u need fast response on disscuss comment