Belum lama ini salah satu media streaming terpopuler yaitu Twitch mengalami kebocoran data secara besar yang terdiri lebih dari 100 GB source code dan data pembayaran, jelas ini mengejutkan semua orang termasuk dari Twitch itu sendiri. Anak perusahaan Amazon ini mulai melakukan penyelidikan dan mencari implikasi keamanan dari insiden tersebut. Untungnya, Twitch belum menemukan bukti bahwa data login apapun telah bocor untuk sejauh ini, dan untuk menjaga keamanan, semua stream keys telah disetel ulang.

Baca Juga:

Para Streamer Harus Meminta Stream Keys yang Baru

Twitch membagikan penyebab dari kebocoran tersebut, mereka mengatakan bahwa ini disebabkan oleh “kesalahan dalam perubahan konfigurasi server Twitch yang kemudian diakses oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab. Hingga sekarang, timnya masih bekerja untuk menyelidiki insiden tersebut. Dari apa yang telah dipelajari oleh Twitch, sepertinya ini bukan cara umum seperti tereksposnya password, tetapi menggunakan metode lain.

Karena tindakan ini masih belum menjamin keselematan akun para streamer, Twitch sangat menyarankan para streamer tersebut untuk mengubah password Twitch-nya dan mengaktifkan otentikasi dua faktor untuk berjaga-jaga. Sisi baiknya, Twitch telah mengonfirmasi bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan nomor kartu kredit bisa dipastikan aman karena mereka tidak menyimpan hal tersebut di servernya.

Para streamer tersebut bisa meminta kode baru di web https://dashboard.twitch.tv/settings/stream. Jika ada dari para streamer menggunakan Twitch Studio, Streamlabs, Xbox, PlayStation, atau aplikasi Twitch untuk streaming, streamer tersebut tidak perlu melakukan langkah tambahan apapun agar kode baru tersebut bisa berfungsi.

Untuk para pengguna OBS yang tidak memiliki akun, mereka harus terhubung ke Twitch untuk memperbarui kunci secara manual. Untuk perangkat lain, kamu harus merujuk ke dokumentasinya sendiri.

Kembali lagi ke permasalahan kebocoran data, Twitch kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk memproses semua data yang bocor, dan impilkasi penih dari insidedn tersebut belum ditentukan. Jadi untuk sekarang, mengubah password merupakan tindakan pertama yang harus dilakukan.

Oke, itu tadi berita teknologi tentang Twitch, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di bawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.