Bagi banyak dari kita, smartphone telah menggantikan berbagai macam hal dari kehidupan kita, mulai dari dompet, dokumen, uang, dan masih banyak lagi. Sekarang ini sebuah terobosan baru dari Google mereka memasukkan sebuah penyetelan khusus yang berfungsi sebagai alat tuner gitar loh, hal ini benar-benar mengejutkan karena kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk sekedar stem gitar.

Baca Juga:

Google Tuner Fitur Baru di Google Search

Seperti yang dilansir dari Engadget, Google telah mengonfirmasi bahwa fitur baru tersebut telah diluncurkan kemarin, meskipun kita tahu bahwa Google Asisten memiliki fungsi yang serupa melalui perintah “tune my instrument”. Akan tetapi, hal ini lebih mudah diakses karena pada dasarnya berfungsi di semua perangkat dengan browser dan mikrofon yang lebih modern.

Untuk mencoba fitur baru ini, kamu tinggal telusuri “Google Tuner” di penelusuran Google, lalu kamu akan mendapatkan tuner gitar yang sangat mudah dipahami dan berfungsi sempurna baik di desktop maupun di mobile. Perangkat yang kamu gunakan akan memerlukan mikrofon, tentu saja agar hasilnya dapat berfungsi dengan lebih akurat.

Cuma yang harus diperhatikan hasilnya mungkin berbeda, beberapa perangkat yang diuji seperti Samsung misalnya tidak dapat menangkap sesuatu kecuali jika suaranya keras dan letaknya di atas smartphone. Tetapi jika pengetesan dilakukan di Google Pixel, maka hasilnya bekerja dengan sangat baik.

Kamu tinggal melakukan pencarian untuk Google Tuner, ketuk mikrofon, berikan izin yang diperlukan untuk akses mikrofon, dan kamu akan mendapatkan tuner berwarna sederhana akan tetapi cukup sensitif dengan suara, hal ini diperlukan untuk memudahkan stem gitar.

Tuner akan memberi tahu kamu dengan jelas apakah stem atau tuner tersebut perlu naik atau turun agar mendapatkan nada yang pas, nantinya akan ada indikator visual yang menunjukkan seberapa tepatnya nada tersebut dengan tuner. Fitur ini berfungsi dengan baik di situs desktop tetapi kamu harus menggunakan microphone terlebih dahulu.

Dengan ini, mungkin kebutuhan tuner standard untuk gitar sudah tertutupi oleh aplikasi Google, jadi kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi pihak ketiga untuk sekedar stem gitar kamu. Cuma, jika memang kamu memerlukan tuner yang lebih advanced maka memang kamu membutuhkan aplikasi tuner profesional, jika standard saja maka kamu cukup menggunakan Google Search.

Oke, itu tadi berita seputar fitur baru Google Search, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.