Bisa dibilang pengeditan audio memerlukan sesuatu yang sedikit berbeda dari bentuk pengeditan yang lain. Orang umumnya akan menggunakan banyak track, dan juga membutuhkan hal-hal seperti penyeimbangan suara, serta berbagai hal lainnya. Aplikasi Sound Editing memang menjadi sebuah aplikasi primadona, apalagi banyaknya podcaster ataupun konten kreator yang mulai menjamur belakangan ini membuat kehadiran aplikasi sound editing di Android ini begitu penting. Kali ini aku akan membuat rekomendasi aplikasi sound editing Android terbaik saat ini, langsung saja ke daftar lengkapnya ya.

Baca Juga:

1. Audio Evolution Mobile Studio

Audio Evolution Mobile Studio adalah aplikasi sound editing yang cukup populer di Android. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini antara lain, fitur audio multi-tract, perekaman MIDI, berbagai sampel dan editor drum, dan lebih banyak lagi alat pengeditan audio. Selain itu ada juga beberapa alat perekam seperti metronom. Beberapa fitur tambahan termasuk Google Drive backup dan full support ke versi iOS. Untuk kamu yang ingin melakukan pembelian dalam aplikasi ada beberapa item yang bisa kamu beli mulai dari beberapa plug-in yang berfungsi untuk menambahkan berbagai efek ekstra. Download Audio Evolution Mobile Studio.

2. BandLab

BandLab juga merupakan salah satu aplikasi sound editing android terpopuler, bahkan aplikasi ini open source, jadi semuanya akan tersedia secara gratis. Fitur-fitur yang ada di aplikasi ini antara lain 16-track editor, sampler untuk membuat custom instrumen, serta function looper untuk membuat beat secara berulang. Tidak hanya itu, BandLab ini juga support dengan 300 virtual MIDI instrumen, 180 efek, looper, dan video klip editor. Memang jika dibandingkan dengan aplikasi sound editor lainnya, aplikasi ini tidaklah sepowerful aplikasi yang lain, cuma karena aplikasi berbasis open-source kamu bisa terlebih dahulu mencicipi sound editing sebelum mencoba aplikasi yang menawarkan editing lebih advance. Download BandLab.

3. Cubasis 3

Cubasis 3 merupakan versi mobile dari Cubase yang notabene aplikasi sound editing di PC yang diciptakan oleh Steinberg. Jika dibandingkan dengan aplikasi versi PC-nya memang Cubasis ini tidak mempunyai kedalaman fitur seperti itu, tetapi sudah lebih dari cukup untuk sekedar editing di smartphone kamu. Fitur dari Cubasis 3 ini mulai dari unlimited number of audio dan MIDI track, time stretching, pitch shifting, banyak efek, 550 audio loops, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa kok mengerjakan projek di aplikasi ini dan berpindah ke Cubase. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan ada trial beberapa hari untuk kamu bisa mencoba aplikasi ini, jika kamu suka kamu bisa mengupgradenya ke versi premium. Download Cubasis 3.

4. Caustic 3

Caustic 3 akan memungkinkan kamu untuk membuat banyak instrumen berbeda dengan efek, loops, dan berbagai sound sebagai pendukung. Hasil dari sound yang kamu ciptakan ini, bisa kamu impor ke aplikasi lain untuk penggunaan pada waktu mendatang. Fiturnya pun antara lain synth pads, mixer desk function yang berfungsi untuk menangani reverb ataupun delay effects, lalu ada song sequencer. Aplikasi ini cukup solid kok, jadi kamu bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama. Sayangnya, aplikasi Caustic 3 ini terkahir kali mendapatkan update sekitar tahun 2017 sehingga tidak banyak fitur baru yang hadir di Caustic 3 ini. Download Caustic 3.

5. Dolby On

Dolby On secara dasar sebenarnya adalah aplikasi audio recording. Kamu bisa merekam suara dengan menggunakan microphone lalu kamu bisa mengeditnya langsung dari aplikasi tersebut. Dolby On sangat berbeda dengan kebanyakan aplikasi audio recorder kebanyakan karena memiliki pengalaman pasca-proses yang sangat baik. Aplikasi ini memiliki berbagai efek audio yang berfungsi untuk membersihkan noise dan juga EQ yang powerful. Hal ini benar-benar sangat bermanfaat loh, karena rekaman suara tersebut akan menjadi lebih jernih sebelum masuk dalam proses editing sound lebih jauh. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis loh. Download Dolby On.

6. FL Studio Mobile

FL Studio Mobile bisa dibilang adalah sebuah aplikasi sound editing paling populer di jajaran ini. Ada banyak fitur yang mendukung aplikasi ini, mulai dari full editor setup, banyaknya efek, dan berbagai fitur lainnya. Bahkan aplikasi ini support dengan Chromebooks loh. Beberapa fitur pendukung lain termasuk hardware MIDI support, kemampuan untuk menyimpan berbagai file format, dan ekstra drum pad yang siapa tahu kamu ingin membuat beat kamu sendiri. Agar kamu bisa mendapatkan ekstra plug-in, kamu bisa membelinya melalui in-app purchases di dalamnya, tetapi hal ini opsional kok. Memang jika dilihat secara harga agak mahal, tetapi cukup efektif loh. Download FL Studio Mobile.

7. Lexis Audio Editor

Terakhir ada Lexis Audio Editor, salah satu “kuda hitam” di jajaran aplikasi sound editing di Android. Bisa dibilang, aplikasi sound editing Lexis Audio Editor ini mempunyai cara kerja yang sangat simpel dan mudah untuk para penggunanya. Jadi jika kamu pengguna awal sound editing aplikasi ini sangat pas untuk kamu gunakan. Aplikasi ini menyertakan equalizer 10-band, lalu alat yang lebih kecil seperti tempo, kecepatan, dan perubahan nada, serta fitur pengurang noise. Karena aplikasi ini simpel, kamu tidak akan menemukan editing tingkat studio di aplikasi ini. Selain itu, jika kamu suka mengedit sound di TikTok, atau Instagram Reels, mungkin aplikasi ini sangat cocok untuk kamu. Download Lexis Audio Editor.

Oke, itu tadi beberapa aplikasi sound editing android terbaik, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.