Widget sebenarnya telah menjadi bagian dari Android sejak awal, cuma pemakaian widget di Android tidaklah sepopuler iPhone dimana widget sudah menjadi fitur wajib di dalam smartphone besutan Apple tersebut, malah widget di Android rasanya sangat kurang begitu diperhatikan sehingga banyak orang malah melupakan fungsi widget itu sendiri. Dengan hadirnya Android 12, Google berencana akan mengembalikan fungsi widget dan memaksimalkan semua fitur yang ada di widget itu sendiri, pertanyaanya sekarang adalah apakah kamu seringkali menggunakan widget di smartphone Android kamu?.

Baca Juga:

Langkah Android Untuk “Make The Widget Great Again”

Setelah bertahun-tahun mengalami stagnasi, sulit untuk tidak melihat Apple yang begitu memaksimalkan potensi dari widget. Ketika iOS 14 diluncurkan, mereka membawa tampilan dan nuansa baru ke home screen iPhone. Bahkan aplikasi populer seperti TikTok dan Threads dari Twitter memamerkan kombinasi widget dan tweak layar homescreen terbaik yang bisa kamu temukan di iOS.

Sangat berbeda dengan Android yang sama sekali tidak membuat penyesuaian sama sekali perihal widget setidaknya sebelum Android 12 dirilis. Tentu saja hal ini membuat banyak pengguna Android mengesampingkan widget dan membuat fitur widget tidak populer dikalangan pengguna Android.

Memasuki era Android 12, dengan nilai jual terbesarnya yang berpusat pada personalisasi dan dynamic theme, ini adalah saat yang tepat bagi Google untuk mempertimbangkan lagi widget ke dalam homescreen mereka dan membuat “widget great again”, baik tampilan, nuansa, maupun fungsionalitasnya, bahkan mereka menawarkan API yang telah diperbarui untuk pengembang lainnya.

Sudah banyak desain ulang yang dilakukan oleh Google pada tahun ini, disamping mereka merilis beta baru. Dengan beberapa bentuk dan ukuran baru yang fantastis, tidak lama lagi kita akan “mencicipi” widget baru yang diperkenalkan Google lewat Android 12.

Hampir setiap aplikasi Google telah menerima widget baru untuk dicoba atau konsep ulang menyeluruh untuk apa yang sudah ada. Google Photos menambahkan sebuah Memories Widget yang akan menghiasi wallpaper kamu dengan semua foto yang mungkin sangat penting untuk kamu.

Sedangkan Google Drive, menghadirkan panel kontrol baru berbentuk X baru untuk unggahan cepat dan tindakan lainnya, sementara Keep menerima alat yang serupa dengan Google Drive. Chrome meluncurkan widget pencarian untuk melompat ke hasil pencarian kamu secara lebih cepat. Bahkan Google Clock juga tidak luput dari perhatian dengan menghadirkan segala macam bentuk, ukuran, dan opsi transparansi agar sesuai dengan tampilan baru aplikasi. Mungkin masih banyak lagi aplikasi yang nantinya akan mendapatkan fungsi widget dalam beberapa waktu ke depan.

Lalu, Apakah Kamu Tertarik Untuk Mencoba Widget Baru di Android 12?

Nah ini pertanyaan untuk para pembaca DroidPoin, Jika misalnya smartphone kamu update ke Android 12 (yang mana widget sudah di-make over dan semakin powerful), apakah kamu akan menggunakan widget di homescreen kamu?, jika ya, berapakah jumlah widget yang akan kamu pakai? satu, dua, atau mungkin lebih dari dua?. Tulis pendapat jawaban kamu pada kolom dibawah ya, jangan lupa beserta alasannya lengkapnya.

Oke, itu tadi opini singkat tentang pemakaian widget di smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.