Para pengguna Spotify telah lama mengetahui bahwa mereka dapat menelusuri playlist lagu-lagu top, akan tetapi bagaimana jika kamu mencari lebih banyak informasi tentang lagu-lagu trending terbaru?. Pada tahun lalu, Spotify telah mengumumkan sebuah akun Twitter dan Instagram yang baru dengan nama Spotify Charts untuk membagikan apa yang sedang menjadi trend di seluruh dunia. Sekarang, Spotify meluncurkan sebuah situs web baru yang berfungsi untuk menggali lebih dalam semua data dan musik apa yang sedang menjadi trend dan mengkspansinya secara besar-besaran ke Charts.

Baca Juga:

Kebijakan Baru Spotify

Website baru dari Spotify ini menyediakan ratusan grafik yang diperuntukkan untuk pengguna agar bisa dijelajahi, layanan baru ini benar-benar mendapatkan kesuksesan yang besar karena detailnya informasi mengenai trend lagu yang ada di berbagai negara.

Situs web ini dibagi menjadi tiga tab, yaitu Flagship, Genre, dan City. Pada tab flagship memiliki chart untuk lagu dan artis global mingguan dan harian teratas. Untuk bagian genre akan dibagi menjadi 17 kategori (seperti Hip Hop, Latin, Negara, dll) masing-masing dengan top 200 per minggunya.

Untuk Tab City sendiri merupakan tab yang menarik, dimana tab ini mempunyai dua grafik untuk setiap kota. Bagan dasar adalah daftar top 100 dari pengguna Spotify di kota tertentu. Sedangkan Local Pulses mencantumkan 100 lagu teratas yang secara unik populer di daerah tersebut.

Pengguna dapat menyempurnakan chart di Flagships dan City dan menjadikan mereka sebagai dropdown menu dan memfilter lagu berdasarkan popularitasnya di negara tertentu. Jadi, meskipun tab City hanya menampilkan chart untuk 16 kota saja, ketika disaring berdasarkan kota, bahkan lebih banyak kota yang tersedia, Spotify akan menyusun chart tersebut untuk bisa dinikmati di lebih dari 200 kota di seluruh dunia.

Meskipun fitur atau web baru dari Spotify tidak menambahkan fungsionalitas apapun secara langsung ke aplikasi, akana tetapi dengan tampilan angka di balik lagu-lagu paling populer di Spotify akan menjadi tantangan bagi layanan seperti Billboard di masa mendatang.

Kurang lebih itu tadi beberapa perubahan yang hadir di media streaming Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.