Tak bisa disangkal beberapa orang menyukai melihat bulan, bahkan beberapa diantaranya seringkali menghitung fase bulan di tiap harinya. Memang, pada adat Jawa kuno mereka sering melakukan perhitungan kalender bulan untuk sekedar mengetahui masa depan atau keberuntungan mereka. Sedangkan pada era canggih sekarang ini, para peneliti seringkali mengamati pergerakan bulan untuk mengamati strukturnya. Jika memang kamu tertarik untuk mengikuti perhitungan bulan, kali ini aku akan memberikan beberapa aplikasi moon phase dan moon calendar terbaik di Android, simak daftar lengkapnya di artikel ini ya.

Baca Juga:

1. 1Weather

1Weather adalah salah satu aplikasi cuaca terbaik saat ini di platform Android. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur mulai dari suhum ramalan harian, ramalan cuaca 10 hari, ramalan cuaca 12 minggu, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur unik yang ada di aplikasi ini adalah moon phase. Aplikasi ini akan memberi tahu kamu fase bulan serta dua fase berikutnya beserta tanggalnya. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan kepada kamu fase bulan selama rentang sepuluh hari ke depan. Dengan fungsi cuaca yang diatas rata-rata, ini merupakan salah satu aplikasi pengamatan bulan paling bagus untuk bisa melihat fase bulan. Download 1Weather.

2. Daff Moon Phase

Daff Moon Phase merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk menghitung moon phase dan moon calendar di Android. Aplikasi ini menampilkan fase bulan saat ini serta kalender fase bulan purnama. Selain itu ada banyak informasi yang bisa kamu akses seperti gerhana bulan, gerhana matahari, panjang hari, waktu matahari terbit dan terbenam, dan masih banyak lagi. Aplikasi Daff Moon Phase ini juga dilengkapi dengan lima widget, push notifications, dan infor seputar delapan planet lainnya. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa iklan, untuk in-app purchases sendiri merupakan donasi opsional yang bisa kamu ikuti secara sukarela. Download Daff Moon Phase.

3. Google Search/Google Asisten

Selanjutnya adalah aplikasi Google Search dan Google Asisten. Pastinya kamu tahu bahwa Google hampir mengetahui segala jawaban, dan salah satunya adalah fase bulan serta kalender fase bulan. Cara memakainya pun sangat mudah, kamu tinggal mengetik tentang fase bulan, gerhana bulan, prediksi, dan berbagai hal yang terkait. Cuma, di aplikasi Google ini tidak akan memberi kamu informasi mendetail terkait fase bulan tersebut seperti aplikasi lainnya. Namun, karena aplikasi ini selalu update, mungkin kamu bisa mengeceknya sekali-sekali dengan aplikasi ini. Pastinya kamu tahu kalau aplikasi ini gratis dan tersedia di hampir semua perangkat Android. Download Google Search.

4. My Moon Phase

My Moon Phase merupakan aplikasi moon phase yang populer di Android. Pada aplikasi ini akan ditampilkan informasi fase bulan sekarang, kalender fase yang akan datang, waktu terbitnya serta tenggelamnya bulan, waktu golden hours dan blue hours, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyertakan fitur mendasar seperti cloud cover misalnya. Dengan begitu, kamu dapat merencanakan pengalaman melihat bulan dengan baik. Untuk UI sendiri aplikasi ini lebih baik daripada kompetitornya. Versi gratis dari aplikasi ini sudah berisi segalanya termasuk juga fitur-fiturnya, akan tetapi banyaknya iklan menjadi sedikit pengganggu. Jika memang kamu terganggu dengan iklan, kamu bisa menaikkan versinya ke versi full yang akan menghilangkan iklan tersebut. Download My Moon Phase.

5. Phases of the Moon

Terakhir ada Phases of the Moon yang merupakan aplikasi paling populer dan terbaik jika membicarakan aplikasi moon phases. Aplikasi Phases of the Moon ini memiliki banyak fitur termasuk moon phase, moon calendar, moonrise, waktu, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga disematkan sebuah 3D simulasi yang dibuat oleh NASA, serta edukasi yang bersifat interaktif di moon map, bahkan ada live wallpapernya. Bisa dipastikan, nilai jual dari aplikasi ini terletak pada nilai edukasi terutama untuk anak-anak. Meskipun memang ditujukan untuk edukasi, banyak informasi tentang kalender bulan serta fase bulan, membuat kamu juga bisa mempelajarinya dengan detail dan mudah. Download Phases of the Moon.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi moon phase dan moon calendar terbaik sejauh ini di Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.