Pekerjaan yang menyangkut tentang listrik atau electrical memang memiliki sebuah tingkat kesulitan yang tinggi dan penting. Ada banyak spesialisasi di bidang ini, dan banyak diantaranya yang tumpang tindih. Jadi, bisa dipastikan ada banyak alat yang dipakai untuk melakukan pekerjaan ini. Namun, kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi electrical terbaik yang ada di Android untuk saat ini, langsung cek daftarnya di bawah ya.

Baca Juga:

1. Basic Electrical Engineering

Basic Electrical Engineering merupakan aplikasi sederhana yang memang diperuntukkan untuk para pengguna basic agar bisa memahami cara kerja elektro. Aplikasi ini menampilkan berbagai informasi teknik listrik dasar untuk referensi cepat. Beberapa contoh termasuk hukum voltase dan arus Kirchoff, daftar benda isolator dan konduktor, nilai RMS dari bentuk gelombang AC, dan sebagainya. UI dari aplikasi cukup simpel dan rapi sehingga memudahkan pencarian dengan baik dan cepat. Tidak ada salahnya jika kamu memiliki aplikasi ini, toh aplikasi ini bisa kamu gunakan baik secara online maupun offline. Download Basic Electrical Engineering.

2. Electrical Engineering Dictionary

Jika kamu kesulitan tentang bahasa-bahasa elektro yang cukup sulit dicerna, ada baiknya kamu menginstall aplikasi Electrical Engineering Dictionary ini. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 3.600 kata bersamaan dengan banyak rumus, persamaan, dan masih banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk kalkulator untuk menghitung berbagai konversi dan hal-hal lain semacam itu. Fitur-fitur ini mungkin bermanfaat bagi para engineer maupun profesional di bidang elektro ataupun kelistrikan. Meskipun memang diperuntukkan untuk profesional, ada sebuah alat pembelajaran untuk para siswa, termasuk kuis kecil. Beberapa fitur tambahan termasuk kemampuan untuk menyimpan istilah yang sering digunakan, panduan referensi cepat, dan kamu dapat berkontribusi jika aplikasi ini kekurangan informasi. Download Electrical Engineering Dictionary.

3. Electronics Toolkit

Dengan Electronics Toolkit ini akan memungkinkan kamu untuk memeriksa banyak hal berbeda yang terkait dengan teknik elektro. Aplikasi ini memiliki berbagai bahan referensi, termasuk kode warna resistor, kode resistor SMD, kode resistor LED, kalkulator pembagi tegangan, konverter unit, dan ala yang berguna lainnya. Ada banyak aplikasi seperti ini di Play Store, tetapi aplikasi Electronics Toolkit merupakan yang terbaik karena mempunyai UI yang bersih serta mudah digunakan, selain itu versi premium dari aplikasi juga cukup murah jika kamu memang tertarik untuk memperdalam pengetahuan electronic kamu. Download Electronics Toolkit.

4. HiPER Scientific Calculator

Nah, pada list pertama ada sebuah aplikasi scientific kalkulator yang mungkin bisa membantu kamu dalam menghitung rumus-rumus matematika atau fisika yang menyulitkan. Kalkulator ini mendukung hingga 100 digit significand dan 9 digit eksponen. Sebagai tambahan, aplikasi kalkulator ini mempunyai beberapa fitur yang cukup rumit bagi para pengguna kalkulator biasa. Aplikasi ini juga mampu menampilkan grafis secara 3D, mengkonversi nilai unit yang berbeda, dan tentunya menyimpan histori sehingga kamu tidak perlu menghitung sebuah perhitungan yang sama secara terus menerus. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan untuk versi premiumnya hanya akan menghilangkan iklan di dalamnya. Download HiPER Scientific Calculator.

5. IODEMA

IODEMA bisa dibilang merupakan developer yang ada di Google Play yang menawarkan beberapa aplikasi electrical yang layak untuk digunakan. Aplikasi populer dan terbaik yang diciptakan oleh IODEMA adalah ElectroDroid. Cara kerjanya hampir mirip persis dengan aplikasi Electronic Toolkit diatas. Kamu akan mendapatkan berbagai alat serta panduan yang berorientasi teknik untuk referensi dan perhitungan cepat. Banyaknya informasi sangatlah bagus dan tidak diragukan lagi akan menggantikan buku-buku tentang electrical yang ada di pasaran. Developer ini juga memiliki dua aplikasi databas, satu untuk PICmicro dan satu untuk ATmicro jika kamu membutuhkannya. Download IODEMA.

6. Mobile Electrician

Mobile Electrician adalah aplikasi panduan referensi lainnya, tetapi aplikasi mempunyai cakupan yang luas dan besar. Kamu akan mendapatkan berbagai hal seperti hukum Ohm, dan berbagai barang kapasitor dan resistor. Namun, aplikasi ini juga mempunyai fitur lain seperti kalkulator, dan bahkan kalkulator ini mempunyai bisa menghitung ukuran kawat. Selain itu, aplikasi ini memiliki UI yang cukup rapi sehingga rasanya kamu tidak akan mendapatkan masalah ketika menggunakan aplikasi ini. Semua fitur di aplikasi ini berfungsi dengan baik. Untuk versi gratisnya, akan ada banyak iklan yang hadir di aplikasi ini dan jujur saja sedikit menjengkelkan, jika kamu tidak suka dengan iklan tersebut, kamu bisa mengupgradenya ke versi premium. Download Mobile Electrician.

7. PartSeeker

PartSeeker mungkin diperuntukkan untuk para pengguna yang hobi mengotak-atik listrik daripada profesional. Aplikasi ini akan membantu kamu utuk menemukan berbagai bagian dan komponen elektronik. Kamu cukup mencari komponen dan aplikasi akan menautkan ke toko online dimana kamu dapat membeli komponen tersebut. Pada dasarnya, aplikasi ini akan bertindak sebagai direktori. Tentu, kau pasti dapat menggunakannya karena aplikasi ini memang sangat ramah dengan para pengguna baru. Aplikasi ini masuk dalam aplikasi premium, dan juga harga Rp. 24.000,00 merupakan harga yang dibanderol pada aplikasi ini. Download PartSeeker.

Oke itu tadi rekomendasi aplikasi electrical engineering terbaik sejauh ini di Android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua. Jika kamu ada saran dan ingin berdiskusi tentang game atau aplikasi apa yang ingin dibahas kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.