Dengan jajaran Pixel Google yang sudah menjalankan Android 12 dan Samsung memulai peluncuran untuk seri Galaxy S21, inilah saatnya bagi para pengembang dan aplikasi untuk memanfaatkan API baru di sistem operasi untuk pengalaman pemakaian yang lebih baik. Tanpa berpikir dua kali, Sony langsung mengikuti pembaruan untuk aplikasi PlayStation Remote Play untuk pengguna Android 12 dan menambahkan fitur DualShock 4 yang baru dan memungkinkan pemasangan dengan pengontrol DualSense milik PS5.

Baca Juga:

Terbukanya Fitur Pengontrol DualShock 4 yang Baru

Jika kamu memiliki kontroller DualShock 4 dan smartphone kamu diperbarui ke Android 12, maka kamu akan dapat menikmati fitur tambahan seperti sensor gerak, gemuruh penonton, indikator baterai, dan touchpad di Remote Play. Meskipun dimungkinan untuk memasangkan pengontrol DualShock 4 dengan Android 10 atau yang lebih baru, fitur ini hanya akan tersedia pada smartphone yang menjalankan OS versi terbaru.

Sedangkan untuk pengontrol DualSense PS5 yang wireless, sekarang kamu dapat memasangkannya dengan smartphone Android 12 kamu untuk melakukan Remote Play atau menggunakannya untuk memainkan game yang kompatibel. Meskipun Sony secara resmi hanya mengutio dukungan untuk versi Android terbaru, kamu juga dapat memasangkan kontroller dengan smartphone yang menjalankan Android 11.

Cuma sayangnya, fitur-fitur lanjutan seperti touchpad, rumble support, kontrol independen atas dan aktuator kiri dan kanan, serta LED tidak akan berfungsi di Android 11.

Aplikasi PS Remote Play juga memungkinkan kamu untuk melakukan streaming dan memainkan game PS4 dan PS5 favorit kamu langsung di smartphone maupun tablet Android kamu. Ini berfungsi dengan sempurna baik melalui mobile data, maupun Wi-Fi, tetapi hal yang patut dicatat kamu harus memiliki koneksi 15 Mbps agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik.

Sony sendiri telah mengambil beberapa waktu untuk menghadirkan dukungan pengontrol DualSense resmi ke Android. Sebagai perbandingan, iPhone dan iPad mendapatkan dukungan untuk hal ini setelah rilis iOS 14.5 pada bulan Mei tahun ini.

Alasan penundaan ini adalah bahwa patch kernel yang dikirimkan oleh teknisi Sony untuk dukungan DualSense hanya digabungkan di Linux 5.12 menjelang pertengahan tahun ini. Kemudian di-porting untuk Android 12, yang menjelaskan kurangnya dukungan untuk pengontrol di OS sejauh ini.

Oke, itu tadi berita seputar Android 12 dan PlayStation, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.