Sebelum Qualcomm mengadakan event Qualcomm Tech Summit di akhir bulan November, MediaTek ternyata mengadakan event mereka terlebih dahulu dan hasilnya adalah MediaTek memperkenalkan chipset 4nm pertamanya yakni Dimensity 9000 5G.

Buat kamu yang belum tahu, chipset ini memiliki konfigurasi 8-core yang terdiri atas satu inti Cortex-X2, tiga inti Cortex-A710 dengan clockspeed @2.85Ghz, dan 4 buah inti Cortex A510 dengan clockspeed@ 1.8GHz. Gak cuma itu, Chipset ini juga mendukung RAM LPDDR5x serta memiliki cache 14MB, yang menurut Mediatek akan meningkatkan kinerja sebesar 7% dan konsumsi bandwidth sebesar 25% dibandingkan cache berukuran 8MB cache.

Itu tadi spesifikasi di atas kertas, trus gimana performanya? Kalau untuk masalah performa, beberapa waktu lalu chipset ini sempat mampir di situs benchmark Geekbench dan hasilnya sangatlah memuaskan, dimana kabarnya chipset Dimensity 9000 mampu melampaui skor “ponsel Android unggulan” (yang kemungkinan menggunakan Snapdragon 888).

Untuk sektor grafis, chipset ini menggunakan GPU Mali-G710 baru dengan 10-core yang pastinya mendukung fitur raytracing baru yang mana memungkinkan pengembang untuk menghadirkan peningkatan visual baru agar lebih dekat dengan kinerja grafis tingkat PC.

Lalu untuk masalah konektivitas, chipset ini hadir dengan Bluetooth 5.3 yang mana ini adalah kali pertama dihadirkan pada chip smartphone. Gak cuma itu, Dimensity 9000 5G juga mendukung Wi-Fi 6E 2×2, Bluetooth Audio LE-ready dengan “Dual-Link True Wireless Stereo Audio, dan mendukung standar GNSS Beidou III-B1C baru.

ISP (Image Signal Processor) Dimensity 9000 mampu mengambil video 4K HDR dari tiga kamera secara bersamaan. MediaTek menjelaskan bahwa dengan menangkap tiga eksposur secara bersamaan dari tiga kamera — masing-masing melalui salah satu dari tiga ISP, dapat memproses total 270 frame per detik untuk menghasilkan video HDR 18-bit 4K. ISP yang ada di chipset ini juga mendukung pengambilan gambar hingga 320MP loh!

Kalau dari keterangan MediaTek, chipset ini akan hadir ke smartphone pada Q1 2022 mendatang dan belum ada bocoran seri ponsel mana yang akan menggunakan chipset ini.

via MediaTek

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.