Tahun 2021 sudah mendekati ujung dan kalau kalian masih ingat, BlackBerry yang sudah dimiliki oleh OnwardMobility  berencana untuk merilis smartphone barunya di tahun ini. Namun, hingga saat ini tak ada informasi apapun mengenai perangkat tersebut.

Jadi apa yang sedang terjadi? Apakah ponsel tersebut tetap akan dirilis namun mengalami penundaan ke tahun 2022 atau sepenuhnya dibatalkan?

DroidPoin tak bisa menjawab pertanyaan tersebut, hanya saja PCMag menginfokan bahwa saat ini OnwardMobility tidak dapat membagikan lebih banyak detail atau melakukan wawancara apa pun terkait dengan hal tersebut. Bahkan, OnwardMobility meminta kita untuk bersabar karena mereka masih terus mengembangkan perangkat seluler paling produktif, ramah, dan aman di dunia. 

Tentunya bukan itu jawaban yang kita inginkan, yang kita ingin tahu apakah ponsel tersebut jadi diresmikan atau tidak. Tapi dari pernyataan OnwardMobility di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa saat ini ponsel tersebut sedang ada di tahap penundaan dengan batas waktu yang tidak ditentukan. 

Ada dua alasan kenapa hal ini dapat terjadi, yang pertama tentu saja masalah chip shortage atau kelangkaan chip yang memang sedang menimpa beberapa OEM besar di ranah ponsel misalnya saja Huawei, Google dan lain-lain.

via Phone Arena

Lalu masalah yang kedua adalah keinginan dari segelintir fans BB, dimana mereka ingin ponsel BlackBerry modern yang mimiliki keyboard fisik yang mantap, kamera dengan kualitas flagship, chipset yang powerfull, baterai yang besar dan tentunya konektivitas 5G sebagai mana yang dijanjikan oleh OnwardMobility. Padahal jika kamu ingat, ketika masih bekerja sama dengan TCL, penjualan ponsel budget BlackBerry kurang begitu bagus dan sangat tidak mungkin bagi OnwardMobility untuk langsung bermain dilini flagship.

Tentunya kita berharap ada kejelasan mengenai masalah ini di masa mendatang dan jika memang batal dirilis, ya setidaknya OnwardMobility harus memberikan penjelasan kenapa sampai dibatalkan agar para fans tidak berharap terlalu berlebihan.

Kalau menurutmu, kira-kira apa penyebab hal ini? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.