Gak bisa dipungkiri, Qualcomm saat ini merupakan salah satu raksasa chipset tersukses. Setelah berhasil menjadi penguasa di divisi ponsel selama beberapa tahun (walaupun akhirnya harus digusur oleh MediaTek), Qualcomm juga mulai merambah bisnis PC dan hasilnya bisa kamu lihat di Windows on Arm yang menggunakan chip Snapdragon 7x Gen2, Snapdragon 8X, dan Snapdragon 8cx Gen 2.

Baca juga:

Nah, hari ini terungkap sesuatu hal menarik dimana isinya adalah Qualcomm dan Microsoft memiliki kontrak eksklusif terkait dengan Windows on Arm. Kontrak tersebut mewajibkan Microsoft untuk menggunakan chip Qualcomm selama jangka waktu tertentu dan berdasarkan informasi terbaru, kontrak tersebut akan segera mencapai batasnya!

Karena kontrak tersebutlah kita belum melihat Windows on ARM menggunakan chip selain Qualcomm, padahal Samsung, MediaTek atau yang lainnya dilaporkan sudah siap masuk untuk bersaing dan hal Ini jugalah yang menjadi alasan kenapa pengembangan Windows on ARM terbilang lambat — karena Qualcomm sendiri masih berfokus pada lini ponsel. Akibatnya, Windows on Arm kalah bersaing dengan Macbook dari Apple yang sudah menggunakan chip M1, padahal Microsoft sudah mencuri start terlebih dahulu.

Sayang, belum ada informasi yang detail terkait kapan kesepakatan eksklusif antara Qualcomm dan Microsoft akan berakhir. So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via XDA-Developer

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.