Nokia sudah mantap untuk mengikuti CES 2022 dan kita sudah menduga kalau mereka akan meresmikan sesuatu di event tersebut. Tapi, apa yang dirilis oleh Nokia di luar dugaan kita semua dan berikut ini adalah 3 hal yang wajib kamu ketahui terkait ponsel baru dari Nokia yang baru saja diresmikan! 

1. Semua yang Dirilis Merupakan Produk Budget

Hari ini Nokia meluncurkan 4 buah ponsel sekaligus dan ke-4 ponsel tersebut merupakan lini ponsel budget dimana terdiri dari dua seri Nokia C (Nokia C100 & Nokia C200) serta dua seri Nokia G (Nokia G100 dan Nokia G400).

Informasi terakhir yang DroidPoin terima, ke-4 ponsel tersebut untuk saat ini baru akan dirilis di Amerika Serikat pada suatu waktu di Q1 2022 — sekarang sudah ada beberapa provider yang akan bekerja sama untuk menjual ke-4 perangkat tersebut diantaranya adalah Tracfone, Boost Mobile dan Consumer Cellular.

Sayangnya, DroidPoin tidak mendapatkan detail lengkap kapan dan apakah perangkat ini akan tersedia untuk pasar yang lebih luas (global).

2. Hardware yang Ketinggalan Zaman?

Beralih ke spesifikasi, jujur aja ketika kamu melihat spesifikasinya maka kamu langsung berpikir dan ingin mengatakan:

“Nokia serius nih, mau rilis ponsel dengan spek seperti itu di tahun 2022?”

Jujur aja, DroidPoin pikir spesifikasi yang ditawarkan oleh Nokia untuk ke-4 ponsel tersebut udah ketinggalan zaman dan konsumen gak bakalan tertarik membeli perangkat tersebut kecuali memang fans fanatik dari Nokia! Kita akan bahas dari seri G terlebih dahulu.

Nokia G400 hadir dengan chip Snapdragon 480G yang mendukung koneksi 5G. Masih okelah untuk tahun ini, tapi coba kamu lihat seri Nokia yang lain — hampir semua ponsel baru Nokia yang mendukung 5G menggunakan chip ini loh! Bukannya DroidPoin gak suka performa dari chip tersebut, tapi kenapa harus chip yang itu lagi dan lagi? Emang gak ada chip yang lain?

Lanjut ke Nokia G100, ini adalah maha karya terbaik Nokia setelah sekian lama comeback! Gimana gak jadi mahakarya, chip Snapdragon 615 yang berumur hampir 7 tahun dipasang untuk ponsel tahun 2022 loh — WOW banget bukan? Coba kamu bayangkan, chip yang pernah digunakan oleh Samsung di seri Galaxy J7 dan juga Asus di seri ZenFone Selfie yang berumur 6 tahun lebih, kembali digunakan oleh Nokia di smartphone tahun ini!

Lalu untuk Nokia C100 dan Nokia C200 adalah ponsel yang cukup identik, dimana keduanya mengguhnakan chip MediaTek Helio A22. Bedanya, Nokia C200 dibekali layar yang lebih besar yakni 6.1-inch.

Semua smartphone yang dirilis Nokia di CES 2022 dipastikan sudah menggunakan Android 12 ketika pertama digunakan dan jika sesuai dengan janji Nokia, maka seluruh ponsel yang dirilis seharusnya mendapatkan dukungan update minimal 2 tahun hingga Android 14.

3. Tergolong Mahal untuk Kelas Budget

Coba kamu bayangkan, dengan spesifiksai yang DroidPoin sebutkan di atas, Nokia masih berani membanderol perangkat tersebut dengan harga yang terbilang tinggi! Jangankan dijual dengan harga yang tinggi, ada peminatnya dan ada yang membeli perangkat tersebut pun sudah sangat luar biasa mengingat spesifikasi yang ditawarkan sangat kuno untuk tahun 2022— kecuali Nokia G400.

Berikut adalah harga dari perangkat tersebut:

  • Nokia G400 » $239 atau sekitar Rp 3,4 jutaan
  • Nokia G100 » $149 atau sekitar Rp 2,2 jutaan
  • Nokia C200 » $119 atau sekitar Rp 1,7 jutaan
  • Nokia C100 » $99 atau sekitar Rp 1,4 jutaan

So, gimana nih tanggapan kamu mengenai ponsel terbaru dari Nokia? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

 

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.