Walaupun belum masuk tahap Beta, tetapi pengembangan Android 13 sudah dimulai dan berdasarkan bocoran terbaru, ada 3 fitur baru dari Android 13 yang sudah terungkap. Buat yang penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. UI Baru di Pengeluaran Suara

Jika “pengeluaran suara” bukan istilah yang kamu kenal, maka itu adalah sesuatu yang wajar karena mungkin fitur tersebut adalah fitur baru yang terintegrasi dengan kontrol media di Android 11. Ini adalah tombol yang menyatakan mana perangkat yang sedang memutar media — di dalamnya terdapat detail perangkat seperti TWS, speaker dan lain-lain.

Android 12 Kiri | Android 13 Kanan
via Android Police

Pemilih output suara tersebut sebenarnya sudah memulai debut sejak di Android 10 dan mendapat desain ulang di Android 11, meskipun banyak dari kamu yang belum mengetahuinya. Bahkan ada beberapa penyesuaian di Android 12 — di ponsel Pixels.  Tetapi di Android 13,  Google bersiap untuk memberikan perubahan yang lebih substansial.

Untuk sekarang ini, DroidPoin gak tau apakah perubahan ini hanya sekedar perubahan UI atau terdapat perubahan yang lebih mendalam dari segi penggunaan.

2. QR Code Everywhere

Kalau misalkan DroidPoin suruh sebutkan pemenang fitur di Android selama dua tahun terakhir, Jawabannya cuma ada satu yakni QR Code. Fitur ini nyatanya sangat membantu untuk mengakses menu di masa-masa sulit ini dan karena hal tersebut Google coba meluaskan akses area QR Code di Android 13.

via Android Police

Saat ini, untuk dapat mengakses QR Code di sebagian besar versi Android dan skin Android yang ada, kamu harus menjalankan aplikasi kamera terlebih dahulu dan setelah di scan, nantinya kamu akan diarahkan secara otomatis ke aplikasi yang sesuai atau kamu langsung mambuka aplikasi yang sesuai untuk dapat memindai QR Code tersebut.

Tetapi, semua itu akan berubah di Android 13, dimana Google akan membawa semacam pemindai QR Code ke layar kunci smartphone, jadi kamu bisa langsung menjalankannya tanpa harus membuka perangkatmu terlebih dahulu kemudian mengakses kamera.

3. Pemutaran Media Antar Perangkat

Di antara beberapa fitur Android 13 yang sudah terungkap, ada beberapa fitur baru yang mungkin benar-benar baru hadir di Android 13 — misalnya pemutaran media antar perangkat. Jujur aja, DroidPoin tidak tahu detail dari fitur ini, tetapi kalau boleh menebak mungkin saja fitur ini sangat mirip dengan fitur di iPhone yang memungkinkan kamu untuk memindahkan media dari ponsel ke Homepod dengan sekali ketuk.

Rumornya, fitur ini akan menampilkan pemberitahuan dengan beberapa informasi yang berguna secara kontekstual ketika pengguna memutar media di perangkat Android — perangkat bisa berupa ponsel, tablet, atau bahkan mungkin speaker yang terhubung ke Chromecast.

So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama ketika versi developer preview dari Android 13 sudah tersedia.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.