Honor baru saja meresmikan seri ponsel terbaru dan itu adalah ponsel foldable yang mereka namai sebagai Honor Magic V. Buat kamu yang penasaran dengan ponsel tersebut, berikut ini adalah 4 hal menarik yang akan kamu dapat dari ponsel tersebut!

Tapi, sebelum membahas hal menarik, alangkah lebih baik kalau kamu mengetahui spesifikasi dari ponsel tersebut terlebih dahulu dan berikut ini adalah detailnya:

  • Dimensi
    • Mode tablet: 160.4 x 141.1 x 6.7
    • Mode ponsel: 160.4 x 72.7 x 14.3 mm
  • Berat 293 g
  • Layar OLED foldable dengan dukungan 1B colors, 90Hz, HDR10+
    • Ukuran mode tablet: 7,9-inch dengan resolusi 1984 x 2272
    • Ukuran mode ponsel:  6.45-inch dengan resolusi Full HD+
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
  • RAM 12GB + internal 256/512 GB
  • Triple kamera utama:
    • 50 MP, f/1.9, 23mm (wide), PDAF, Laser AF
    • 50 MP, f/2.0, 20mm (wide), PDAF
    • 50 MP, f/2.2, 13mm, 122˚, (ultrawide)
  • Kamera selfie 42 MP, f/2.4, (wide)
  • Baterai 4.750 mAh dengan dukungan Fast Charging 66W
  • Magic UI 6 berbasis Android 12

So, buat yang udah penasaran apa aja hal menarik yang ditawarkan oleh ponsel ini, berikut adalah detailnya:

1. Ukuran lebih besar dari Galaxy Z Fold 3, tapi lebih ramping

Buat kamu yang suka ponsel dengan layar besar, Honor Magic V ini memposisikan diri diantara Galaxy Z Fold 3 dan juga Mi Mix Fold — jadi gak terlalu besar dan gak terlalu kecil juga.

Walaupun tergolong ke dalam ponsel dengan layar besar, nyatanya Honor Mogic V ini masih lebih ramping loh jika dibandingkan dengan kompetitornya seperti Galaxy Z Fold, Mi Mix Fold dan juga Oppo Find N yang baru diumumkan beberapa waktu lalu. Pasalnya,ketebalan perangkat ini hanya 14,3 mm saja.

2. Desain elegan nan tangguh

Gak bisa dipungkiri kalau semua ponsel foldable hadir dengan desain elegan, tapi kebanyakan ponsel foldable hadir dengan rasio layar yang agak jomplang (mis. 25:9 atau 27:9), sehingga kurang sedap dipandang karena layarnya dibuat memanjang. Untungnya, Honor tidak mengikuti jejak brand lain dengan mengaplikasikan rasio layar 21:9 yang sudah umum digunakan.

Sebagai tambahan informasi untukmu, rasio layar 21:9 biasanya digunakan oleh ponsel Sony, tujuannya agar ponsel lebih nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Jika brand menggunakan rasio layar lebih besar, memang genggaman jadi jauh lebih baik karena ukurannya lebih kecil, hanya saja sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan karena jarak atas dan bawah layar terlalu jauh.

Selain itu, Honor Magic V juga dilengkapi dengan model eksklusif dimana bagian back cover perangkat tersebut ada yang menggunakan bahan lapisan kulit imitasi dengan warna jingga (mirip seperti Oppo Find series) dan juga terdapat dua pilihan warna lainnya yakni warna perak dan hitam dari bahan kaca.

Walaupun desainnya elegan, nyatanya Honor tetap fokus dalam mengembangkan daya tahan ponsel ini. Apalagi sang CEO perusahaan Geroge Zhao mengklaim bahwa “waterdrop hinge” di Honor Magic V merupakan salah satu engsel yang paling ramping dan juga tangguh. Zhao bahkan sampai mendemonstrasikan daya tahan dari perangkat tersebut dengan menjatuhkan telepon dua kali selama presentasi dan hasilnya cukup memuaskan karena tidak ada dampak minor yang dihasilkan dari demonstrasi tersebut.

Sayangnya, Honor tidak membekali ponsel ini dengan sertifikasi tahan air. Jika ponsel ini dilengkapi dengan hal tersebut, mungkin bakal jadi ponsel foldable paling tangguh yang ada saat ini.

3. Foldable pertama yang Menggunakan Snapdragon 8 Gen 1

Banyak yang mengira bahwa Oppo Find N bakal jadi ponsel foldable pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1. Namun, prediksi tersebut salah besar karena Oppo Find N masih mengandalkan chip Snapdragon 888. Maka dari itu, Honor Magic V inilah yang jadi ponsel foldable pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset tersebut bakal ditopang dengan RAM berkapasitas 12GB dengan internal bervariasi serta daya tahan yang terbilang lumayan berkat baterai berkapasitas 4.750 mAh yang sudah dilengkapi dengan dukungan fast charging 66W.

4. Ponsel foldable paling murah?

Perlu digaris bawahi bahwa gak ada ponsel foldable yang murah, namun jika kita membandingkan dengan sesama ponsel foldable, maka Honor Magic V bisa jadi adalah salah satu yang paling murah dengan spek paling baru.

Dengan banderol harga CNY 9.999 atau sekitar Rp 22,5 jutaan, tentunya ponsel ini jauh lebih murah dari Galaxy Z Fold 3, tetapi masih belum mampu mengalahkan banderol dari Oppo Find N yang dijual mulai dari CNY 7.699 atau setara Rp 17 jutaan.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.