Setelah sukses merilis Android 12, kini Google mulai fokus dalam pengembangan Android 13 dan menariknya, perilisan Android 13 Developer Preview 1 ternyata jauh lebih cepat dari yang kita bayangkan. Pasalnya, update tersebut dilaporkan sudah tersedia untuk beberapa perangkat milik Google seperti Pixel 4 atau yang lebih baru.

Jika update dari Android 11 ke Android 12 merupakan update yang signifikan (banyak sekali perubahan), maka update dari Android 12 ke Android 13 merupakan penyempurnaan tanpa banyak perubahan. Buat yang penasaran, kira-kira apa saja hal baru yang ada di Android 13 Developer Preview 1, berikut ini adalah detail lengkapnya:

Secara Garis besar, update ini masih berfokus pada masalah keamanan dan juga tampilan, sedangkan sisanya hanyalah “tambalan” untuk menunjang produktivitas kamu.

Fitur Privasi Baru

Seperti yang kamu tahu, masalah privasi dan keamanan selalu menjadi hal yang penting bagi Google. Dimana pada setiap versi Android baru, Google selalu menginginkan sistem operasi Android jadi lebih aman dan lebih menguntungkan pengguna — lebih banyak kontrol privasi bagi pengguna atas hal-hal yang paling penting.

Nah, di Android 13 Google memperkenalkan fitur pemilih foto baru yang aman. Jadi, ketika kamu ingin berbagi dokumen seperti foto dengan aplikasi Android, maka hanya dokumen yang kamu pilih saja yang diberikan akses (bukan semua foto dapat diakses oleh aplikasi tersebut). Untuk detailnya kamu bisa cek detailnya di bawah ini:

Pemilihan foto di Android 13 akan dimasukkan langsung ke dalam Android itu sendiri, yang akan membuat pemilihan foto penyimpanan lokal dan cloud bersifat universal untuk seluruh aplikasi. Apabila kamu tidak kebagian update Android 13, kamu gak usah khawatir karena Google berencana untuk menggulirkan update ini ke ponsel yang menggunakan Android 11 dan Android 12 juga.

Bukan cuma itu saja, Google juga memperkenalkan izin Wi-Fi baru. Tujuannya adalah untuk tidak perlu terlalu bergantung pada izin lokasi. Jadi gini, pada dasarnya aplikasi yang memerlukan akses ke perangkat Wi-Fi terdekat memerlukan akses ke lokasi juga dan Google tak menginginkan hal tersebut, sehingga mereka akan menggantinya dengan opsi baru yang tidak memerlukan akses lokasi yang tidak perlu.

Tema Material You yang Lebih Baik

Kalau boleh jujur, Tema Material You adalah sesuatu yang ambisius dari Google, karena ada yang pro dan ada juga yang kontra. Walaupun demikian, Google benar-benar ingin membuat tema ponsel dengan gaya kamu sendiri dengan cara yang sederhana dan mudah.

via Google

Di Android 13, Google berencana menghadirkan ikon bertema otomatis. Pada awalnya, fitur ini pada awalnya mungkin hanya akan tersedia pada perangkat Pixel, namun ke depannya pasti akan tersedia di lebih banyak perangkat dan tentunya Google ingin para pengembang untuk bekerja sama dengan OEM untuk menghadirkan tema ikon yang menjadi ciri khas mereka ke Material You.

Dua hal di atas merupakan fokus utama Google di Android 13 nanti. Namun, selain itu masih terdapat beberapa perubahan menarik lainnya seperti:

  • Pengaturan Cepat: Di Android 13 nanti pengembang akan lebih mudah untuk memberi tahu pengguna berbagai hal yang ada di aplikasi melalui permintaan opsional.
  • Bahasa per aplikasi: Pengguna dwibahasa mungkin ingin menggunakan satu bahasa untuk sistem mereka dan bahasa lainnya dalam aplikasi tertentu. Nah, di Android 13 telah hadir API platform baru yang memungkinkan hal tersebut.
  • Hyphenation: Saat teks melebihi batas yang telah ditentukan, maka sistem secara otomatis akan memberi tanda hubung. Versi Android 13 akan meningkatkan kinerja sistem ini dengan klaim lebih dari 200%.
  • Shader yang dapat diprogram: Ini memungkinkan pengembang untuk menghadirkan efek yang keren, blur, dan animasi lainnya langsung dari sistem Android.
  • Pembaruan sistem Google Play: Dikenal sebagai Project Mainline, sistem ini memungkinkan Google mengirim pembaruan Android ke ponsel apa pun, terlepas dari versi, pabrikan, dll. Android 13 akan menyempurnakan sistem ini dengan memperluas cakupan proyek.

Itulah gaes hal-hal baru yang hadir di Android 13, untuk informasi yang lebih lengkap akan hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya cuma di DroidPoin.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.