Aplikasi bisnis bisa dikatakan merupapkan subjek yang cukup sulit. Ada berbagai variabel untuk harus dipertimbangkan. Itu mungkin termasuk ukuran tim, ukuran bisnis, seberapa baik skala aplikasi sesuai permintaan, dan banyak hal lainnya. Beberapa aplikasi bagus untuk tim besar sementara yang lain lebih baik untuk pebisnis secara individu. Beberapa bisnis selalu di pasar untuk barang yang lebih baik sementara yang lain memilih untuk membuat solusi mereka sendiri. Bahkan ada beberapa perusahaan yang lebih memilih menciptakan aplikasi versi mereka sendiri, tetapi kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi bisnis yang mungkin akan cocok untuk kamu gunakan dalam perusahaan kamu.

Baca Juga:

1. Asana

Sebagai pembuka di daftar ini ada salah satu aplikasi produktifitas terbaik di Android saat ini yaitu Asana. Kelebihan dari Asana adalah dia mampu untuk membreakdown sebuah tugas dan menjadikan tugas-tugas yang dipecah tersebut menjadi sub-tugas yang lebih kecil. Selain itu, kamu juga bisa menetapkan pekerjaan prioritas, supaya tidak ada tumpang tindih dan kamu sanggup menyelesaikan tugas prioritas terlebih dahulu. Karena kelebihannya itu Asana sangat cocok bagi kamu yang bekerja secara tim, jadi kamu bisa membagi sub-tugas tersebut secara tertata, teroganisir dan tentunya akan lebih efektif. Download Asana.

2. CamScanner

CamScanner juga merupakan aplikasi yang cukup berguna untuk menunjang bisnis kamu loh. Cara kerja dari aplikasi ini adalah merubah kamera kamu menjadi layaknya scanner. Tentunya kamu akan bisa melakukan berbagai hal seperti memindai dokumen, kartu bisnis, kuitansi, dll. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa mengedit PDF dari aplikasi jika memang kamu membutuhkannya. Selain itu, kamu juga bisa membagikan secara cepat berbagai dokumen yang telah di scan tersebut ke rekan kerja kamu. Tentu saja, ini menjadi sebuah aplikasi yang sangat penting, terlebih lagi jika kamu membutuhkan sebuah aplikasi akses cepat terhadap pengeluaran, dokumen, atau hal-hal yang terjadi secara berulang. Download CamScanner.

3. GSuite

Salah satu produk andalan Google pada lini bisnis mereka adalah GSuite. Bisa dibilang kamu akan mendapatkan beberapa dukungan penting untuk mengolah data kamu mulai dari bentuk dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, gambar, catatan, dan masih banyak lagi. Bahkan ada layanan untuk pesan tim dengan dukungan teks, panggilan, dan panggilan video. Google membuat ini semua dalam bentuk satu platform sehingga kinerja akan menjadi lebih efektif dan ringkas. Karena itulah mungkin G Suite sebuah paket lengkap yang bisa kamu pakai ketika kita membicarakan aplikasi terbaik yang ada di Android. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa sinkronisasi data dengan Google Drive hingga Google Kalender loh, bagaimana sebuah paket lengkap bukan?. Download G Suite.

4. Google My Business

Aplikasi Google My Business akan membantu usaha kamu terlihat pada penelusuran Google maupun Google Maps. Tentu saja ini adalah sebuah potensi yang sangat besar melihat begitu besarnya cakupan dua aplikasi Google tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk memperbarui sejumlah informasi seperti jam operasional, nama usaha, dan alamat usaha tersebut. Kamu juga dapat mengelola beberapa lokasi yang diperlukan. Dengan banyaknya fitur yang menyangga aplikasi ini menjadikan aplikasi Google My Business menjadi salah satu aplikasi bisnis paling penting baik untuk bisnis kecil, bisnis baru, ataupun bagi pengguna yang masih pemula dalam mendirikan bisnis. Download Google My Business.

5. Microsoft 365 Business

Satu lagi aplikasi bisnis yang mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus adalah Microsoft 365 Business. Kinerja aplikasi ini mirip dengan G Suite milik Google, dimana kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperto Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint baik versi PC maupun versi mobilenya. Ada juga layanan chatting dengan komunikasi berbasis teks, video, dan suara. Selain itu, jika kamu berlangganan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan fitur cloud storage Microsoft OneDrive. Beberapa user pun memberikan respon positif terkait fitur Office Lens, dimana dengan aplikasi ini merupakan aplikasi pemindai yang dikhususkan untuk berbisnis. Tidak hanya itu saja, Microsoft memiliki opsi harga baik untuk penggunaan perusahaan atau bisnis yang terpisah. Download Microsoft 365 Business.

6. PayPal

PayPal merupakan salah satu aplikasi bisnis dengan kemampuan diatas rata-rata terutama bagi bisnis kecil maupun menengah. Banyak perusahaan maupun pelaku bisnis menggunakan PayPal untuk mengelola transaksi dan faktur. Terkadang, dengan aplikasi ini juga kamu bisa membayar gaji karyawan. Kamu juga dapat mengatur akun bisnis yang menyerdehanakan pengiriman dan penerimaan uang. Untuk versi mobile, aplikasi ini dilengkapi dengan sidik jari, kemampuan untuk memeriksa PayPal kamu, dan masih banyak lagi. Untuk versi Paypal Business ini memang dikhususkan untuk penggunaan bisnis, tentu aku merekomendasikan dua aplikasi tersebut untuk kamu install di smartphone maupun di PC kamu. Download PayPal.

7. Slack

Slack mungkin adalah aplikasi komunikasi bisnis terbaik yang ada di Android saat ini. Slack ini memiliki interface yang bersih dan sederhana, mempunyai banyak channel, panggilan conference, berbagi dokumen, bahkan dukungan chatbot. Selain itu, aplikasi bisa diintegrasikan dengan banyak aplikasi dan situs web pihak ketiga lainnya seperti Google Drive, Asana, Giphy, dan masih banyak lainnya. Bisa dibilang aplikasi ini memang dikhususkan untuk bisnis, baik untuk bisnis kecil, menengah, bahkan hingga bisnis yang besar. Download Slack.

Oke, itu tadi beberapa aplikasi bisnis terbaik yang ada di Android saat ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang apliaksi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.