Opsi Keyboard pihak ketiga seperti Microsoft Swiftkey misalnya bisa menjadi sebuah alternatif yang bagus, tetapi masih banyak pengguna Android yang lebih memilih memakai aplikasi Gboard, dan Gboard sendiri tidak bisa disangkal lagi merupakan sebuah standar utama untuk entry teks di platform Android. Selain fitur-fitur dasar yang solid seperi pemeriksa ejaan, prediksi kata berikutnya, pengetikan gesek, Google juga menawarkan tambahan fitur yang menyenangkan seperi GIF, stiker dan emoji. Dengan fitur baru yang Gboard hadirkan ini, akan memungkinkan kamu untuk mengubah beberapa teks menjadi stiker loh, bagaimana?, menarik bukan?.

Baca Juga:

Semua Akan Menjadi Emoji Pada Waktunya

Pengoperasian update ini akan terasa mirip dengan sistem fitur emoji kitchen yang diluncurkan beberapa tahun yang lalu, dimana Gboard menawarkan saran stiker yang menggabungkan elemen dari dua emoji yang berbeda, dengan upaya baru ini akan menghasilkan berbaga gaya dan warna stiker yang semuanya berdasarkan teks (dan emoji tentu saja) yang telah kamu masukkan.

Misalnya kamu mengirim pesan ke lawan bicara kamu lalu kamu mengetik “sampai jumpa” dan diikuti dengan emoji hati. Setelah memasukkan hal itu, kamu akan melihat stiker di suggestion strip (tempat yang biasanya akan memprediksi kata berikutnya). Dengan mengetuk itu, kamu akan membuka side-scrolling baru yang berisikan sejumlah opsi stiker yang berbeda untuk dimasukkan ke pesan kamu.

Pada strip suggestions tampaknya dibuat untuk lebih banyak frasa, tetapi tidak harus semuanya dimasukkan ke dalam situ, jadi mungkin juga kamu tidak selalu mendapatkan emoji yang sesuai atau tepat dengan kata-kata yang telah kamu tulis. Ada beberapa pengamat yang memperhatikan bahwa dukungan untuk frasa yang cukup panjang tampaknya sudah ada, dan bukan hanya untuk frasa yang lebih pendek saja.

Sepertinya satu-satunya cara untuk mengakses stiker berbasis teks ini adalah melalu suggestions strip di Gboard. Fitur baru ini tidak akan muncul sebagai saran sticker saat menjelajahi emoji picker, dan juga tidak muncul saat memilih full-list sticker. Perubahan ini masih di dalam aplikasi Gboard versi beta terbaru, jadi mungkin kamu belum memiliki akses kesana jika menggunakan aplikasi Gboard versi stable.

Jika menilik semua fungsionalitas dari fitur terbaru Gboard ini, rasanya kita akan familiar dengan fitur ini karena fitur baru ini ternyata sudah diadopsi terlebih dahulu oleh Snapchat. Apabila fitur ini memang diberlakukan pada Gboard versi stable dalam update selanjutnya, rasanya tidak salah jika era emoji dan sticker akan menggantikan teks pada umumnya, dan semua isi pesan akan terwakilkan hanya dengan emoji dan sticker tanpa perlu menjelaskan secara lebih detail.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar update dari Gboard, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.