Tidur adalah suatu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting bagi kesehatan kita. Kualitas tidur bisa mempengaruhi kinerja kita loh, jika kualitas tidur kita kurang maka hasilnya adalah kita lebih sering lelah dalam menjalani hari, sebaliknya jika kualitas tidur kita berlebihan maka kebanyakan badan akan sering pegal-pegal. Kali ini aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi sleep tracker android terbaik yang bisa memaksimalkan kualitas tidur kamu. Kita langsung ke daftarnya lengkapnya ya.

Baca Juga:

1. Alarm Clock Xtreme

Secara teknis, aplikasi Alarm Clock Xtreme ini merupakan aplikasi alarm seperti biasanya. Namun, di dalam aplikasi ini ditanam sebuah fitur yang berfungsi untuk melacak tidur kamu. Pastinya, karena ini aplikasi alarm maka fitur alarm sudah pasti ada di dalamnya. Idenya adalah untuk membantu orang-orang yang kesulitan bangun dengan memberi mereka beberapa cara berbeda yang bisa dicoba. Ini bisa juga untuk terapi tidur kamu dalam memperbaiki jam tidur dan jam bangun. Selain itu, aplikasi juga mampu menganalisis kualitas dan kuantitas tidur kamu. Sesuatu yang gak pernah dibayangkan dengan aplikasi alarm biasa bukan?. Download Alarm Clock Xtreme.

2. Do I Snore or Grind

Do I Snore or Grind merupakan aplikasi sleep tracker yang cukup simpel. Fungsinya pun hanya mengetahui apakah kamu “ngorok” atau sekedar menggertakan gigi ketika tertidur. Untuk versi gratisnya, kamu hanya bisa merekam selama 5 malam saja, sedangkan untuk merekam secara tak terbatas kamu harus mengupgradenya ke versi premium. Fitur-fitur lain yang ada di aplikasi adalah, membagikan sebuah tips bagaimana cara mengurangi suara gertakan gigi dan kebiasaan ngorok tersebut. Memang aplikasi tidak terlalu dalam dalam menganalisis, tetapi setidaknya aplikasi efektif untuk memberikan sebuah solusi dalam permasalahan tidur yang kamu hadapi. Download Do I Snore or Grind.

3. Google Fit

Google Fit ini hampir bisa mengcover apa saja yang kamu lakukan, mulai dari aktifitas harian, berjalan, kalori, bahkan ketika sedang tidur. Sebenarnya apa yang dilakukan aplikasi Google Fit ini hanyalah basic belaka, kamu tinggal melakukan sesuatu dan memasukkan informasi yang diperlikan ke dalam aplikasi. Nantinya, aplikasi ini akan mencatat progres yang telah kamu lakukan. Kelebihan aplikasi ini mempunyai banyak integrasi ke aplikasi tracker lain seperti Runkeeper, MyFitnessPal, Lifesum, Sleep as Android dan masih banyak lagi. Selain itu aplikasi ini juga bekerja dengan Android Wear yang kamu kenakan. Download Google Fit.

4. PrimeNap

Satu lagi aplikasi yang aku rekomendasikan untuk sleep tracker kamu adalah PrimeNap. Fitur-fitur di dalam aplikasi PrimeNap ini cukup dalam mulai graph tidur yang detail, sleep debt chart analisis, fungsi jam alarm, bahkan jurnal mimpi. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan ijin pemakian aplikasi secara berlebihan, semua fiturnya pun bisa berjalan dengan stabil kok. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan apabila kamu tertarik dengan aplikasi PrimeNap ini dan ingin menggunakan memaksimalkan fitur-fitur yang ada didalamnya, kamu bisa menaikkannya ke versi premium. Download PrimeNap

5. Sleep as Android

Bisa dibilang aplikasi Sleep as Android ini adalah aplikasi sleep tracker android terbaik untuk saat ini. Aplikasi ini mampu melacak kualitas tidur kamu secara lebih mendalam. Selain itu, aplikasi ini mendukung Android Wear, Pebble, dan perangkat Galaxy Gear. Aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan Google Fit maupun Samsung Health. Ditambah lagi aplikasi juga bisa memainkan binaural tone yang dapat membantu kamu untuk tidur. Uniknya dalam sistem alarm yang dimiliki Sleep as Android ini, ketika alarm mati kamu bisa memainkan sebuah captcha supaya kamu bisa langsung beradapatasi ketika bangun tidur dan melakukan sebuah aktifitas. Kamu bisa mencoba aplikasi ini terlebih dahulu selama dua minggu, dan kalau kamu tertarik kamu bisa menaikkannya ke versi premium. Download Sleep as Android.

6. Sleep Cycle Alarm Clock

Sleep Cycle Alarm Clock merupakan salah satu aplikasi sleep tracker terbaik selain Sleep as Android. Cuma aplikasi ini harganya cukup mahal, akan tetapi ketika kamu memakai versi premiumnya dipastikan kamu akan mendapatkan fitur-fitur terbaik. Fitur-fiturnya antara lain aplikasi ini menawarkan data analisis tidur kamu, grafis, tidur malam, dan beberapa macam alarm yang bisa kamu customisasi. Selain itu kamu bisa mengintegrasikan aplikasi dengan Philips Hue supayan kamu mempermudah lighting kamu untuk tidur. Hampir semua fitur sleep tracking ada di dalam aplikasi ini, tetapi kamu harus merogoh kocek agak dalam ketika kamu ingin menggunakan aplikasi ini. Versi gratisnya memang mempunyai fitur cukup baik, tetapi fitur-fiturnya pun sangat terbatas. Download Sleep Cycle Alarm Clock.

7. Sleep Time

Sleep Time merupakan salah satu aplikasi sleep tracker yang menawarkan biaya berlangganan pada pemakainya. Aplikasi ini lumayan solid dan ada beberapa setting alarm yang bisa kamu gunakan. Selain itu, aplikasi ini mempunyai fitur sleep analysis, wake up algoritm yang akan membangunkan kamu ketika kamu sudah siap. Aplikasi Sleep Time ini juga akan menawarkan semua statistik dalam bentuk graph. Untuk versi premium dengan biaya berlangganan, pastinya kamu akan mendapatkan fitur yang lebih baik dan informasi yang jauh lebih dalam daripada versi gratisnya. Untuk sekedar pemakaian sehari-hari mungkin versi gratisnya sudah lebih dari cukup. Download Sleep Time.

8. Runtastic Sleep Better

Selanjutnya ada aplikasi yang dibuat oleh Adidas yaitu Runtastic Sleep Better. Aplikasi ini akan secara otomatis terhubung dengan aplikasi Runtastic reguler. Dengan demikian kamu dapat menggunakan aplikasi untuk melacak tidur dan kebugaran kamu. Aplikasi ini mempunyai beberapa fitur yang mencakup fitur monitoring tidur, pengatur waktu tidur, dan bahkan kemampauan untuk melacak asupan kafein dan alkohol. Selain itu, dengan aplikasi ini juga akan memungkinkan kamu untuk mencatat perubahan mood kamu ketika bangun tidur. Seperti kebanyakan aplikasi sleep tracker, kamu harus meletakkan smartphone kamu di tempat tidur agar dapat melacak tidur kamu secara akurat. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis, jadi mungkin ini menjadi alternatif pilihan yang baik untuk kamu. Download Runtastic Sleep Better.

9. SnoreLab

SnoreLab bisa dibilang merupakan aplikasi pelacak tidur yang mempunyai cara kerja unik. Sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi pelacak tidur lainnya, aplikasi ini tidak melakukan sebagian besar hal-hal dasar. Dengan aplikasi ini akan memungkinkan kamu untuk merekam dengkuran ketika kamu tidur. Aplikasi ini akan mendeteksi ketika kamu mendengkur, mencatat waktu, dan kemudian merekam hal tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengukur intensitas, frekuensi, dan masih banyak lagi. Kamu bahkan dapat sedikit mengetahui beberapa hal kecil, seperti misalnya apakah cairan yang kamu minum atau makan akan berefek pada dengkuran tersebut. Mungkin ini salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu coba, apalagi jika kamu mengaku kalau tidur kamu tidak mendengkur, kamu bisa membuktikannya dengan aplikasi ini. Download SnoreLab.

10. FitBit

Sekarang ini, aplikasi fitness tracker sudah memberikan banyak fitur yang bisa membantu kita, bahkan salah satunya ketika kita tertidur. Aplikasi FitBit juga bisa kamu pakai untuk melacak tidur kamu, dan pemakaianya makin efektif jika kamu juga mengkombinasikannya dengan wearable smartwatches. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga mampu melakukan perekaman suara dengkuran, jadi kamu bisa melacak kualitas tidur kamu dari situ. Download FitBit.

Oke itu tadi beberapa aplikasi sleep tracker android terbaik untuk saat ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.