Sepertinya sebagian besar pasar untuk layanan music streaming telah memiliki beberapa opsi dan fitur unggulan. Layanan music streaming seperti Spotify, Apple Music, YouTube Music ini merupakan beberapa aplikasi yang dapat kamu download dari Play Store, cara kerja aplikasi-aplikasi sebenarnya sangat simpel dimana mereka akan mengurator lagu-lagu tersebut untuk bisa didengarkan oleh penggunanya. Namun, ada sebuah kasus yang mana pengguna benar-benar ingin memaksimalkan pengalaman di music library milik mereka, untuk melakukan hal ini kamu memerlukan audio berkualitas lebih tinggi. Kamu dapat beralih ke local playback, tetapi jika kamu lebih menyukai streaming lagu akan ada banyak paket yang akan memberikan fitur tersebut.

Baca Juga:

Lebih Suka Kualitas Standar atau Kualitas Lebih Tinggi

Jika berbicara tentang layanan streaming musik, tentu kita tidak bisa lepas dari naman Spotify. Sayangnya, meskipun Spotify telah mengumumkan tingkat kualitas audio yang lebih tinggi pada tahun yang lalu, hingga saat ini Spotify belum meluncurkan layanan Hi-Fi tersebut dan sepertinya fitur tersebut tidak akan datang dalam waktu dekat.

Pada bulan Januari, ada beberapa kabar yang muncul tentang layanan baru ini cuma masih belum ada detail waktu khusus untuk rencana perilisan tersebut, meskipun banyak orang yang mengatakan bahwa fitur ini akan rilis pada tahun 2021 pada kenyataanya hingga saat ini hal itu tidak dilakukan. Untungnya, sekarang ini penggun bisa dengan mudah untuk beralih dari Spotify ke layanan lain yang memiliki streaming musik berkualitas lebih tinggi.

Apple Music membuat gebrakan besar pada tahun lalu setelah mengumumkan lagu-lagu dengan kualitas tinggi tanpa biaya tambahan apapun, meskipun dengan beberapa dukungan perangkat di sisinya. Itu adalah langkah yang strategis dan membuat kompetitor melakukan banyak tindakan “copy-paste” terhadap fitur tersebut. Terbukti Amazon tidak membutuhkan waktu yang lama untuk “copas” dengan membuat layanan Hi-Fi sebagai pengganti paket standar “Music Unlimited” tanpa biaya tambahan.

Satu lagi nama besar yang tidak ketinggalan untuk memakai layanan ini adalah Tidal. Tidal sendiri adalah salah satu nama asli dalam game streaming berkualitas tinggi. Sekitar akhir tahun lalu, Tidal meluncurkan beberapa paket yang didukung iklan untuk menyaingi Spotify, bersama dengan paket berkualitas tinggi yang lebih murah daripada platform lainnya. Selain itu, layanan yang lebih kecil seperti Deezer dan Qobuz juga menawarkan streaming dengan bitrate tinggi, meskipun harganya lebih tinggi dari nama-nama yang disebut diatas.

Dengan layanan musik Hi-Fi yang sekarang lebih murah dari sebelumnya, rasa-rasanya pas jika aku bertanya apakah kamu tertarik untuk mencoba layanan Hi-Fi ini, atau mungkin kamu lebih suka dengan musik dengan kualitas yang standar, atau bahkan kamu lebih menyukai musik download-an dan memainkannya secara lokal (musik download ilegal)?, atau mungkin kamu tidak tertarik dengan layanan streaming musik?. Coba tulis pendapat kamu pada kolom dibawah ini ya.

Oke, itu tadi opini singkat terkait penggunaan hi-fi music streaming, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.