Saat kamu ingin membeli sebuah smartphone baru baik melalui toko, COD, paket bundling di operator, ataupun online, pastinya kamu mempunyai banyak pikiran tentang hal itu. Kamu perlu mempertimbangkan ukuran layar, kualitas kamera, storage dan alokasi RAM, dan masih banyak lagi. Meskipun mungkin untuk sekarang tidak menjadi sebuah prioritas utama, adanya pembaruan software juga sama pentingnya dengan spesifikasi hardware. Lagipula siapa juga yang mau terjebak dengan versi Android yang sudah ketinggalan jaman kan. Nah, sekarang berapa lama sih kamu “setia” dengan smartphone kamu?.

Baca Juga:

Apakah Kamu Tipe Setia Dengan Smartphone?, atau Tipe yang Tiap Tahun Harus Update?

Pembaruan software yang selalu andal tidak hanya membuat smartphone kamu tetap dalam kondisi yang prima, tetapi kamu juga akan memungkinkan kamu untuk menggunakannya untuk jangka waktu yang lebih lama. Salah satu contohnya adalah, jika kamu menggunakan Google Pixel 3a, kamu mungkin tidak akan perlu melakukan upgrade setidaknya selama sisa tahun ini berakhir.

Dengan hadirnya Android 12 pada build terbaru dari Google, pastinya akan membuat software akan menjadi lebih mutakhir jika dibandingkan dengan versi lamanya. Sebuah contoh sempurna adalah yang diberlakukan oleh Samsung yang terus memberikan pembaruan secara tepat waktu, terutama mengenai security patch yang memang secara rutin mereka berlakukan dari waktu ke waktu.

Permasalahannya adalah tidak semua manufaktur Android secara konsisten memberikan pembaruan software. Motorola yang menyasar pasar mid-range saja hanya memberikan satu peningkatan besar yang diluncurkan bebarengan dengan pembaruan software yang sudah ketinggalan zaman. Satu kasus cukup unik bisa kamu temukan di OnePlus, dimana mereka baru-baru ini meluncurkan Android 12 untuk flagships terbarunya, akan tetapi mereka merubah cukup banyak perubahan dan masih banyak ditemukan bug sehingga kualitas smartphone versi baru malah lebih buruk dari versi sebelumnya.

Tentu saja istilah “banyak jalan menuju Roma” pun berlaku dalam kasus ini. Jika memang smartphone kamu sudah berhenti mendapatkan peningkatan, kamu dapat beralih ke ROM pihak ketiga untuk memperpanjang masa pakainya. Build seperti Paranoid Android terus dikembangkan hingga 2022. Bahkan ada beberapa user Galaxy S2 terus mendapatkan dukungan pembaruan software hingga saat ini, tentu ini adalah berita yang bagus bagi yang pengguna yang “setia” dengan smartphone lama mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, harga smartphone memang sedikit lebih mahal, tetapi jika membicarakan keandalan smartphone-smartphone versi terbaru mempunyai keandalan yang amat teruji dan mungkin bisa tetap “melayani” kamu dalam beberapa waktu kedepan.

Nah, ini menjadi sebuah pertanyaan untuk kamu semuanya, jika memang kamu setia dengan smartphone kamu, berapa tahun kamu setia dengan smartphone kamu?. Atau jika ada diantara kamu yang lebih memilih selalu update smartphone di tiap tahunnya, apakah ada alasan terperinci mengapa kamu selalu update smartphone?. Coba tulis opini kamu pada kolom komentar dibawah ya.

Oke, itu tadi opini singkat terkait penggunaan smartphone, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.