Android 13 Beta 1 Dirilis Hari ini — Apa Aja yang Baru?

via 9to5Google

Di awal bulan Februari, Google meluncurkan build Android 13 Developer Preview yang pertama dan skema atau jadwal update dari Android 13 sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Hal ini dikarenakan porsi dari developer preview yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan versi beta.

Baca juga:

Nah, hari ini Google secara diam-diam merilis Android 13 Beta yang pertama dan tentu saja ada beberapa hal perubahan signifikan yang menarik untuk dibahas. Berikut ini adalah rinciannya:

Izin yang lebih rinci untuk media

Di Android 12 dan versi lebih lama, saat aplikasi ingin mengakses file media yang disimpan ke penyimpanan lokal perangkat, aplikasi perlu meminta izin. Izin itu berupa — READ_EXTERNAL_STORAGE. Dengan demikian, kamu memberi aplikasi akses ke semua jenis media, bukan hanya media tertentu yang dibutuhkan.

Di Android 13 Beta 1, izin “all-in” itu dihilangkan dan sebagai gantinya, kamu harus memberikan persetujuan untuk tiga jenis file media yang berbeda:

  • READ_MEDIA_IMAGE — Untuk gambar dan foto
  • READ_MEDIA_VIDEO — Untuk file video
  • READ_MEDIA_AUDIO — Untuk file audio

Sekarang, kamu mungkin berpikir bahwa hal ini tidak nyaman dikarenakan kamu harus memberikan aplikasi tiga izin yang berbeda. Tapi, kamu gak perlu khawatir karena Google telah merencanakan beberapa hal untuk masa depat. Contohnya adalah saat aplikasi meminta READ_MEDIA_IMAGE dan READ_MEDIA_VIDEO secara bersamaan, maka kamu hanya akan melihat satu kotak dialog untuk kedua izin.

Hal ini bertujuan agar pengguna tidak perlu khawatir bahwa aplikasi memiliki terlalu banyak akses ke media mereka. Ini adalah langkah yang tentunya akan Google ambil untuk meningkatkan sektor privasi dan keamanan bagi pengguna Android.

Pelaporan kesalahan yang lebih baik

Beberapa aplikasi Android dapat membuat kunci tersendiri menggunakan KeyStore dan KeyMint, yang mana merupakan bagian dari Android itu sendiri. Namun, jika pembuatan kunci tersebut gagal, terkadang sistem akan kesulitan untuk menentukan alasannya.

Nah, pembaruan yang hadir di Android 13 Beta 1 akan memberikan pelaporan kesalahan yang lebih eksplisit dan tentunya, hal ini akan membuatnya lebih mudah untuk mencoba lagi pembuatan kunci.

Anticipatory audio routing

Pada Android 13 Beta 1, terdapat API baru untuk membantu aplikasi merutekan audio dengan benar. Ini akan membantu pengembang memahami apakah aliran audio aplikasi dapat diputar secara langsung atau tidak. Ini juga akan membantu pengembang menentukan format terbaik yang akan digunakan untuk audio pada aplikasi miliknya.

Sebenarnya, masih ada beberapa hal kecil baru seperti perubahan tampilan di bagian UI, pembaruan pada tema Material You dan juga notifikasi. 

Kenapa update Android 13 Beta 1 hanya berisi sedikit pembaruan?

Perlu diingat, ini adalah versi beta — bukan developer preview, dimana versi beta akan lebih fokus pada kesetabilan aplikasi dan bukan penambahan fitur baru. Namun perlu kalian catat, ada kemungkinan Google sedang menahan diri untuk mengungkapkan fitur-fitur unggulan dari Android 13. Hal ini dikarenakan mereka akan mengadakan event Google I/O pada tanggal 11 Mei nanti.

So, untuk informasi yang lebih rinci, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi lengkapnya hanya di DroidPoin.

Adrianto Jossy

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra)

Post navigation