Home Basic Tips untuk Melegakan RAM Android

Tips untuk Melegakan RAM Android

Apa itu Bloatware di Android?Android sering sekali dikatakan boros dan rakus sekali akan RAM, sebenarnya hal tersebut tidaklah benar! OS Android sendiri hanya menggunakan RAM sebesar 30-50% dari total RAM yang ada pada ponsel kamu. Misalkan ponsel kamu memiliki RAM 2GB, maka Android hanya menggunakan sekitar 600-900MB.

Lalu, apa yang membuat RAM pada Android saya penuh?

Yang paling banyak menguras RAM pada ponsel Android kamu adalah aplikasi bloatware dan aplikasi yang tidak kamu perlukan.

Baca juga:

Pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberitahu kamu bagaimana cara melegakan RAM di Android, tanpa harus menggunakan aplikasi semacam task killer dan speed booster yang mana justru akan membuat ponsel android kamu semakin lambat.

Berikut adalah beberapa tips untuk melegakan RAM di Android:

#Tips 1 (Jangan menggunakan widget dan live wallpaper)

Widget dan juga live wallpaper merupakan hal yang harus kamu hindari jika ingin melegakan RAM pada ponsel Android kamu, sebenarnya tidak ada masalah untuk menggunakan widget seperti jam atau kalender hanya saja penggunaan widget harus dibatasi.

Selain berdamapak pada penggunaan RAM, penggunaan widget dan live wallpaper juga bisa berdampak pada baterai kamu, yang mana membuat baterai lebih cepat habis.

#Tips 2 (Aplikasi Bloatware dan yang tidak terpakai)

Seperti yang sudah dijelaskan oleh DroidPoin di atas, bahwa aplikasi bloatware dan aplikasi yang tidak kamu perlukan bisa mengakibatkan RAM membengkak, daripada mengakibatkan hal tersebut lebih baik kamu menonaktifkan aplikasi tersebut atau jika bisa silakan dihapus.

(Baca: Cara Menonaktifkan Aplikasi Bloatware pada Android)

#Tips 3 (Matikan Animasi)

Yap, sebenarnya dengan memberikan animasi membuat android kamu terkesan sangat menarik saat bergeser atau scrolling di home screen dan menu, tapi hal ini justru menguras cukup banyak RAM yang mana bisa membuat Android kamu jadi lemot. Jadi, lebih baik kamu nonaktifkan saja menu animasi.

(Baca: 11 Cara Mengatasi Android Lemot)

#Tips 4 (Gunakan launcher default (bawaaan))

Dan yang terakhir adalah tetap menggunakan launcher bawaan, sebenarnya dengan menggunakan launcher yang berbeda kamu bisa merasakan ponsel android lainnya, seperti misalnya Goolge Pixel dengan Pixel launcher. Namun, justru hal tersebut membuat RAM ponsel kamu tersedot cukup banyak.

Jadi, gunakanlah launcher bawaan sesuai dengan ponsel Android yang kamu gunakan karena launcher bawaan sudah dioptimalakan sebaik mungkin untuk ponsel kamu.

Nah, itulah beberapa tips dari DroidPoin untuk melegakan RAM pada Android kamu, jika kamu punya tips lainnya jangan sungkan untuk berbagi dikolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.