Home Editorial 5 Tips Memilih HP Android Murah yang Tepat

5 Tips Memilih HP Android Murah yang Tepat

Review Le Max 2: Hape Mantab Buat Ngegame!

Salah satu kelebihan smartphone berbasis Android adalah banyaknya pilihan dan luasnya rentang harga yang tersedia. Jika punya budget lebih kamu bisa beli yang mahal, atau jika budget sedang tipis kamu bisa pilih yang murah.

Di era yang serba online ini tidak sulit untuk mencari dan menemukan HP Android murah. Kamu tinggal buka laptop lalu cari referensi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan target smartphone yang tepat.

Melalui artikel ini DroidPoin akan berikan beberapa tips dalam memilih HP android murah yang tepat. Siap..??

 

1. Tentukan Kebutuhan Utama

Dengan budget yang minim, sulit bagi kamu untuk mendapatkan smartphone yang unggul di semua segmen. Jadi pastikan kamu analisa dulu apa kebutuhan utama kamu. Kamera? Audio? Performa? Atau ukuran layar yang lebar dan lega?

Setelah itu kamu tinggal berburu smartphone murah yang punya kelebihan di segmen yang kamu butuhkan. Sebagai contoh nih saya butuh HP Android yang punya keunggulan di kualitas audio karena kebutuhan utama yang saya tentukan adalah untuk menikmati multimedia.

Akhirnya saya berburu dan fokus di keunggulan audio hingga menemukan Le Max 2 yang sudah memakai Dolby audio. Yah..meskipun secara brand kurang dikenal di Indonesia dan kualitas kamera serta desain kurang begitu ajib, tapi dengan harga yang cukup terjangkau saya mendapatkan HP Android sesuai dengan keunggulan yang saya inginkan.

 

2. Brand atau Specs?

Ini juga perlu kamu tentukan. Jika kamu termasuk orang yang brand minded, maka kamu bisa memilih versi low-end dari merek smartphone populer. Kekurangannya kamu akan mendapatkan specs yang biasa-biasa saja.

Ini berbeda jika kamu lebih mengedepankan specs daripada brand, dimana dengan harga yang sama kamu mungkin akan mendapatkan HP Android dengan specs yang lebih baik. Tetapi brand yang kamu dapatkan tentu bukanlah sebuah brand yang populer.

Saya sendiri bukan seorang yang brand minded, jadi sudah dipastikan akan lebih memilih yang specs bagus meskipun merek nya tidak terkenal — daripada memburu merek terkenal di kelas low end dengan specs yang pas-pasan.

 

3. Beli Second

Jika memang budget kamu terlalu rendah untuk beli smartphone Android baru, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli dalam kondisi second. Namun demikian DroidPoin menyarankan kamu lebih teliti jika memilih untuk membeli smartphone second. Jika memungkinkan sebaiknya membeli dengan COD sehingga kamu bisa melihat kondisi HP nya secara langsung.

Ini penting karena yang namanya second, kita tidak tahu seperti apa kondisi saat pembelian — dan sekedar melihat melalui foto saja saya rasa belum mampu untuk menggambarkan kondisi yang sesungguhnya.

Kalaupun kamu terpaksa tidak bisa COD (mungkin karena jarak yang terlalu jauh dengan penjual), maka pastikan kamu sangat teliti dalam melihat foto serta lebih detail dalam menanyakan ke penjual bagaimana kondisinya.

 

4. Lihat Banyak Review

Pastikan kamu melihat banyak review sebelum yakin memutuskan untuk membeli smartphone Android yang kamu inginkan. Kamu bisa melihatnya melalui beberapa video di YouTube, artikel di blog, atau komentar para pembeli di toko online.

Ingat, jangan cuman lihat review dari satu sumber saja. Lihat dari berbagai reviewer untuk melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Ini penting supaya kamu tidak salah pilih, terlebih jika budget terbatas, tentu kamu ingin sekali beli langsung puas karena dapat yang sesuai keinginan.

 

5. Beli Online

Membeli online memiliki banyak sekali kelebihan dan kemudahan. Pertama, kamu bisa membandingkan harga dengan mudah. Kedua, kamu bisa melihat detail spesifikasi dan review. Ketiga, kamu tidak perlu repot-repot berkeliling mall teknologi untuk memburu HP Android Murah yang sudah kamu targetkan.

Saya sendiri biasanya memilih MatahariMall.com untuk membeli HP Android murah secara online. Maklum, setiap kali transaksi disana memang selalu berjalan mulus tanpa masalah. Nah Itulah 5 tips memilih HP android murah yang tepat versi DroidPoin. Semoga bermanfaat ya.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.