Home Editorial 10 Aplikasi Transfer File Menggunakan Wi-Fi di Android

10 Aplikasi Transfer File Menggunakan Wi-Fi di Android

Sekarang ada banyak sekali aplikasi third-party  tersedia di Google Play Store yang dapat memindahkan file di Android tanpa menggunakan bantuin hardware seperti Bluetooth, NFC dan sejenisnya untuk mengirimkan file ke device lainnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, hingga tidak sadar jika file tersebut telah berhasil di pindahkan.

Yap dengan aplikasi tersebut kamu memiliki kecepatan file transfer hingga 3-5 MB/second dan tentu saja jenis aplikasi seperti ini tidak hanya dinikmati device Android tertentu melainkan semua versi Android, bahkan juga telah Cross Platform.

10 Aplikasi Transfer File Menggunakan Wi-Fi di Android

Berikut ini DroidPoin bagikan beberapa daftar aplikasi Transfer File Android yang mana dengan mudah membagikan semua jenis file ke Android maupun device lainnya dengan kecepatan yang sangat tinggi hanya menggunakan Wi-Fi.

#1 Shareit

Percayalah, Shareit adalah aplikasi Transfer File Wi-Fi paling popular di platform manapun, karena mereka memiliki fitur yang handal dan interface yang user-friendly.

Download: Shareit

Baca juga: 10 Aplikasi Scanner untuk Scan Dokumen di Android

#2 Xender

Awalnya ShareIt hanya dapat satu mengirim dan satunya menerima, namun Xender selangkah lebih maju dengan memiliki fitur group transfer yang membuat satu pengirim dan  banyak penerima sekaligus.

Download: Xender

Baca juga: 10 Aplikasi Prank Terbaik di Android Untuk Ngerjain Teman Kamu

#3 Zapya

Sama dengan Xender, Zapya juga dapat melakukan group sharing hingga 4 device secara bersamaan. Bila teman mu tidak menemukan device kamu, coba gunakan fitur QR Code Sharing dengan begitu mereka dapat bergabung mengirim/menerima file.

Download: Zapya

Baca Juga: 10 Aplikasi Terbaik dari Microsoft Untuk Android

#4 SuperBeam

Salah satu fitur terbaiknya ialah memiliki cara pairing ke device Android atau computer yang beragam. SuperBeam dapat pairing dengan NFC atau QR Codes, sehingga tidak perlu klik manual untuk membagikan izin menerima/mengirim file.

Download: SuperBeam

Baca Juga: 5 Aplikasi Cloud Storage Pilihan Untuk Android

#5 Wifi File Transfer

Aplikasi ini paling banyak di download pada kategorinya.Wifi File Transfer memungkinkan pengguna untuk meng-upload­ dan download file dari smartphone/tablet serta komputer melalui web interface yang mudah digunakan. Web Interface yang disuguhkan punya fitur delete, copy, rename, zip atau unzip file dengan mudah. Terlebih lagi kamu dapat meng-upload­ seluruh folder yang ada sekaligus.

Download: Wifi File Transfer

Baca Juga: 5 Aplikasi Pengingat Acara di Android

#6 WifiDroid

Jika kamu suka yang minimalis dengan fitur standard, aplikasi ini cukup bisa kamu andalkan karena hanya berukuran 918KB yang memiliki web interface yang sederhana untuk melihat dan mengatur file saja. Namun kamu dapat memutar music atau video yang telah tersimpan langsung di web tersebut.

Download: WifiDroid

Baca Juga: 5 Aplikasi Gratis Android yang Membuat Tidurmu Berkualitas

#7 AirDroid

AirDroid merupakan aplikasi file sharing yang efektif untuk di gunakan pada device smartphone maupun komputer. Ia bekerja lebih seperti PC suite, karena tidak hanya berguna untuk transfer file melainkan juga dapat mengatur panggilan, SMS, dan notifikasi dari browser komputer.

Download: AirDroid

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Menggambar

#8 Infinit

Aplikasi transfer file tercepat yang dikembangkan secara unik menggunakan teknologi peer-to-peer (P2P) melalui cloud yang langsung menghubungkan ke device pengirim dan penerima. Terlebih lagi Infinit mampu mengirim file apapun dengan size besar ke device smartphone, tablet maupun komputer.

Download: Infinit

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Penulis

#9 Portal

Portal membuat mentransfer gambar, video, dan file lainnya dari komputer ke smartphone menjadi lebih singkat. Cukup gunakan aplikasinya, kemudian scan kode yang disediakan lalu masukkan file sebanyak yang kamu inginkan ke dalam situs tersebut maka file tersebut akan dengan cepat muncul di memori smartphone kamu.

Download: Portal

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Edit Foto

#10 Pushbullet

Dengan Pushbullet, kamu dapat melakukan apapun seperti mengirim pesan teks, Whatsapp, Facebook Messenger yang mengetikkannya dengan keyboard komputer. Melihat notification,  exchange links dan tentu saja mentransfer file.

Download: Pushbullet

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Video Call

Nah itu dia beberapa aplikasi yang DroidPoin sarankan untuk kamu gunakan. Dengan menggunakan aplikasi sejenis ini, ucapkan selamat tinggal pada Bluetooth, NFC dan kabel data yang memperibet kamu melakukan transfer file.

Sudah mencoba atau punya rekomendasi aplikasi serupa? Bagikan di komentar.

  Video: Cara Mengaktifkan Google Assistant  

#CrossPlatform