Home Basic Apa itu Aplikasi Lite dan Apa Kegunaannya?

Apa itu Aplikasi Lite dan Apa Kegunaannya?

Apa itu Aplikasi Lite dan Apa Kegunaannya?

Pastinya kamu pernah dong menemukan atau mendengar aplikasi dengan embel-embel “Lite” atau “Mini” di Play Store Android? Misalnya saja Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite, Opera Mini dan lain-lain.

Nah, buat kamu yang belum tahu dan belum pernah menggunakannya, bahkan mungkin belum pernah mendengar aplikasi dengan embel-embel “Lite” atau “Mini“. Pada kesempatan kali ini, DroidPoin coba membahasnya sedetail mungkin.

Apa itu Aplikasi Lite atau Mini?

Aplikasi dengan embel-embel “Lite” atau “Mini“, merupakan aplikasi yang memioliki fungsi terbatas atau bisa dibilang versi kecil dari aplikasi reguler. Maksudnya, aplikasi ini memiliki fungsi yang serupa dengan aplikasi reguler, hanya saja fiturnya begitu terbatas (tidak sebanyak aplikasi reguler).

Selain itu, ukuran aplikasi ini juga sudah dikompres hingga sekecil mungkin (rata-rata versi lite atau mini berada di bawah 10MB), sehingga tidak memakan ruang penyimpanan dan RAM yang begitu besar.

Dan yang terakhir tentu saja masalah koneksi. Contohnya adalah aplikasi Facebook, baik itu Facebook Lite dan Facebook regular bisa dipakai pada jaringan 2G, 3G, ataupun 4G. Akan tetapi, versi Lite didesain khusus agar dapat berjalan di jaringan 2G. Sehingga, walaupun jaringan internet kamu sedang lemot, kamu tetap bisa mengakses Facebook dengan cepat.

Lalu, apa kegunaannya?

Seperti yang sudah DroidPoin jelaskan di atas, aplikasi ini berguna untuk menggantikan aplikasi reguler yang mana biasanya memakan ruang penyimpanan dan RAM yang begitu besar, walaupun pada aplikasi Lite banyak fitur yang dipangkas.

Selain itu, aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang gak sabaran. Karena seperti yang kamu tahu aplikasi “Lite” ataupun “Mini” bisa mengakses konten dengan lebih cepat walaupun jaringan internet kamu sedang tidak stabil, alasannya karena aplikasi ini di desain untuk dapat digunakan pada jaringan 2G, 3G, atau 4G sekalipun.

Nah, itulah gaes sedikit penjelasan mengenai apa itu yang dimaksud dengan aplikasi “Lite” ataupun “Mini” yang mungkin kamu temukan di Play Store Android.

Semoga bermanfaat. 🙂

  Video: Cara Mengaktifkan Google Assistant  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.