Home Editorial Daftar Fitur Andalan Android 8.0 Oreo

Daftar Fitur Andalan Android 8.0 Oreo

Resmi: Update Android Selanjutnya adalah Oreo

Google sudah resmi merilis Android 8.0 Oreo pada tanggal 21 Agustus kemarin dan untuk kamu pengguna perangkat milik Google seperti Pixel dan Nexus, kabarnya kamu akan menerima update ini tak lama lagi.

Baca:

Tentunya, Android 8.0 Oreo ini hadir dengan berbagai fitur baru yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk kamu semua. Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah daftar fitur andalan yang dimiliki oleh Android 8.0 Oreo:

  • Performa

Sektor performa tentunya menjadi pusat perhatian dari Google. Dulu Android terkenal dengan kata “Lemot,” tapi benarkah demikian?

Harus DroidPoin akui, dulu saat pertama kali diperkenalkan, Android memang terasa sangat lemot (lag). Akan tetapi, semenjak Android 4.4 KitKat dirilis, problem lag pada Android semakin berkurang. Apalagi sekarang ini banyak Android murah dengan spesifikasi mumpuni sehingga DroidPoin rasa lag pada Android sudah sangat berkurang (Baca: 5 Mitos Tentang Android: Jangan Biarkan Mereka Membodohi Mu!)

Dan pada Android Oreo, Google kabarnya sudah meningkatkan performa Android sehingga bisa melakukan booting 2X lebih cepat dan juga sudah meminimalisir aktivitas aplikasi yang jarang digunakan di background.

 

  • Baterai lebih hemat (Background Limits)

Background limits merupakan fitur baru yang hadir di Android Oreo. Menurut pihak Google, fitur tersebut dapat membuat baterai Android kamu lebih hemat. Google kabarnya membatasi aplikasi yang berjalan di background pada tiga area yakni implicit broadcasts, background services, dan location updates.

Untuk hal lebih detail mengenai fitur Background limits, kamu bisa kunjungi halaman berikut ini.

 

  • Tampilan lebih menarik yang membuatmu produktif (Fluid Experiences)

Fluid Experiences bisa dibilang merupakan salah satu cara baru dari Google untuk membuat kamu semakin produktif dengan menghadirkan beberapa elemen baru pada Android Oreo seperti misalnya Picture-in-Picture, Smart Text Selection, Auto-Fill dan juga Notification Dots.

Picture-in-Picture merupakan sebuah mode yang mana dapat membuat salah satu jendela (aplikasi) menjadi lebih kecil, sehingga kamu bisa melakukan berbagai hal lainnya tanpa harus menutup ataupun beralih aplikasi.

Smart Text Selection merupakan salah satu fitur baru yang mana tidak hanya berguna untuk melakukan copy / paste sebuah kalimat atau kata tertentu. Dengan hadirnya fitur ini maka kamu bisa melakukan berbagai hal lainnya, misalnya saja jika kamu memilih nomor telepon maka nantinya akan ada opsi untuk melakukan panggilan, sedangkan jika kamu memilih alamat maka nantinya akan ada opsi untuk bisa melakukan navigasi ke alamat tesebut. Hal ini dapat terjadi karena Google sudah menyematkan Google AI hampir disemua elemen Android Oreo.

Auto-Fill merupakan sebuah fitur yang mana dapat mengingat password dan username setiap aplikasi (jika sang developer mengizinkannya), dengan demikian setiap kali kamu menggunakan perangkat tersebut kamu tak perlu memasukan password dan juga username.

Notification Dots merupakan fitur notifikasi baru di Android Oreo, fitur ini bisa kamu gunakan dengan menekan ikon cukup lama sehingga muncul berbagai opsi seperti notifikasi berupa komentar atau berbagai hal lainnya.

 

  • Keamanan yang lebih baik (Vital)

Siapa yang tak ingin Androidnya mejadi lebih aman dan juga memiliki daya tahan baterai yang lebih baik? Tentunya, kamu semua ingin merasakan hal tersebut bukan?

Nah, maka dari itu, Google merilis Vital yang mana merupakan sebuah fitur baru di Android Oreo yang kabarnya dapat meningkatkan daya tahan baterai Adroid, selain itu Vital juga dapat mengoptimalkan OS Android yang sedang kamu gunakan dan juga membawa aplikasi/toolsbaru (Google Play Protect) yakni semacam virus scanner untuk aplikasi Android dari Play Store.

 

  • Project Treble

Tentu saja, Project Treble merupakan fitur yang paling menarik di Android Oreo! Sebagai informasi untuk kamu, Project Treble merupakan sebuah fitur baru yang hadir di Android Oreo yang mana memungkinkan update Android bakal tersedia lebih cepat untuk semua ponsel Android apapun mereknya!

Untuk lebih detail mengenai Project Treble kamu bisa kunjungi halaman berikut ini.

 

Nah itulah gaes, daftar fitur andalan yang hadir pada Android 8.0 Oreo. So, dari sekian banyak fitur yang DroidPoin beberkan, mana fitur yang paling menarik dan juga bermanfaat bagi kamu?

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.