Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Seperti yang kamu tahu, Android Oreo dilengkapi dengan fitur baru bernama Project Treble. Fitur baru yang hadir di Android Oreo ini memungkinkan update Android bakal tersedia lebih cepat untuk semua ponsel Android apapun mereknya. (Baca: Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!)

Nah, hari ini DroidPoin mendapatkan info baru yang lebih lengkap mengenai fitur tersebut (Project Treble). Tapi sayangnya, info yang ingin DroidPoin bagikan mengenai Project Treble kali ini bukanlah kabar baik untuk user Android.

Tampaknya, Project Treble yang akan hadir pada Android 8.0 Oreo tidak akan tersedia untuk semua perangkat. Yup, info yang DroidPoin dapatkan hanya beberapa perangkat saja yang akan mendapati fitur ini dan berikut adalah detailnya:

Android yang Mendapatkan Project Treble

Semua Android yang sudah menggunakan Android 8.0 Oreo ketika dipasarkan misalnya Google Pixel 2 dan 2 XL ataupun Xperia XZ1, sudah pasti akan mendukung Project Treble sedari awal. Berikut adalah beberapa daftar ponsel Android yang akan mendapatkan dukungan Project Treble ketika ponsel tersebut bakal mendapatkan update Android 8.0 Oreo:

Essential

  • Essential Phone PH-1 (source)

Google

Huawei

 

Android yang Tidak Mendapatkan Project Treble

Tidak semua ponsel Android bakal mendapatkan dukungan Project Treble, salah satu diantaranya dikarenakan perlu adanya usaha extra dari para vendor untuk dapat menyediakan fitur tersebut ke perangkat seri lawas. Berikut ini adalah beberapa ponsel Android lawas ataupun baru yang tak akan mendukung fitur Project Treble, walaupun nantinya perngkat tersebut mendapatkan update Android 8.0 Oreo:

Google

  • Google Nexus 6P
  • Google Nexus 5X
  • Google Pixel C

Nokia

OnePlus

Samsung

  • Samsung Galaxy S8/S8+ (source)

Sony

  • Sony Xperia XZ (source)
  • Sony Xperia XZs

Info ini masih belum terlalu jelas kebenarannya, karena sewaktu-waktu kebijakan beberapa vendor dapat saja berubah. Tentunya, jika nanti ada info terbaru seputar Project Treble pada Android 8.0 Oreo, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

Jadi, pastikan kamu untuk selalu mengunjungi DroidPoin yah! 🙂

via Android Police

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.