Home Editorial 4 Hal yang Menandakan Kamu Harus Segera Ganti Ponsel Android Kamu!

4 Hal yang Menandakan Kamu Harus Segera Ganti Ponsel Android Kamu!

Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Seperti yang kamu tahu, Android merupakan OS yang paling banyak digunakan hampir di seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan beberapa tanda yang mana menandakan bahwa kamu harus mengganti Android kamu!

Buat kamu yang sudah penasaran, berikut adalah detailnya:

1. Tidak lagi mendapatkan update Android terbaru

Mengalami Masalah Saat Melakukan Update ke Android Nougat? Berikut adalah Cara Mengatasinya

Nah, tentu saja yang menjadi tanda pertama seseorang untuk mengganti ponsel Androidnya adalah dukungan update pada perangkat yang digunakan. Sama seperti ponsel lainnya, Android juga memiliki masa dukungan untuk update.

Biasanya seri flagship akan mendapatkan dukungan update lebih lama dibandingkan dengan seri ponsel lainnya yakni mencapai 30-36 bulan, sedangkan untuk seri premium yang berada satu level di bawah seri flagship biasanya akan mendapatkan update sekitar 24 bulan dan untuk seri mid-end akan mendapatkan update sekitar 12-18 bulan.

Bagaimana dengan seri low-end?

Untuk seri low-end kamu tak perlu berharap banyak, dukungan yang diberikan hanyalah berupa keamanan saja selama kurang lebih 1 tahun ke depan, itu pun disesuaikan dengan kebijakan vendor smartphone.

Baca juga:

Tapi, masalah dukungan bisa diatasi dengan adanya banyak pengemabang custom ROM di Android misalnya saja LineageOS, NitrogenOS, OmniROM dan lain-lain. πŸ™‚

 

2. Baterai yang sudah boros

Apa itu Mode Stamina di Sony Xperia?

Tanda kedua mengapa kamu harus mengganti ponsel Android kamu biasanya dikarenakan baterai yang sudah boros. Yup, ini merupakan alasan yang tepat untuk membeli ponsel Android baru, karena menurut DroidPoin pribadi harga baterai originalΒ terbilang cukup mahal bisa mencapai 10% dari harga ponsel yang kamu gunakan (tergantung ponsel juga sih).

Daripada membeli baterai baru, lebih baik mengganti ponsel Android baru, apalagi dalam waktu satu tahun saja semua komponen yang ada pada Androidmu bisa terlihat usang dikarenakan kemajuan teknologi yang begitu pesat.

 

3. Performa yang melambat

Review Moto E3 Power Indonesia (Spesifikasi, Performa, Kamera, dan Kualitas)

Tanda ketiga mengapa kamu harus mengganti ponsel Android kamu biasanya dikarenakan performa ponsel Android kamu yang sudah mulai melambat, sering mengalami hang atau stuck serta sudah beberapa kali mengalami bootloop dikarenakan update software yang tidak optimal untuk perangkat kamu.

Selain beberapa hal di atas, bisa juga dikarenakan file yang ada pada Android kamu sudah penuh yang mana mengakibatkan penyimapanan yang kompleks (tak teratur) dan bisa juga dikarenakan Android kamu memerlukan ruang extra serta spesifikasi yang jauh lebih baik.

Baca:

Jadi, jika performa Android kamu sudah mulai melambat, lebih baik kamu ganti saja ke ponsel Android yang lebih baru. πŸ™‚

 

4. Mulai timbul dampak kerusakan

via lithium

Yang terakhir tentu saja jika pada Android kamu mulai timbul dampak kerusakan, misalanya saja seperti munculnya dead pixel atau mungkin layar yang mulai menguning seperti bekas terbakar (burn-in display) dan lain-lain.

Nah, jika pada ponsel Android kamu sudah mulai muncul beberapa tanda di atas, maka ada baiknya segera jual ponsel tersebut dan gunakan sebagai tambahan modal untuk membeli ponsel Android baru.

Itulah gaes beberapa tanda yang menandakan bahwa kamu harus segera mengganti ponsel Android kamu ke yang terbaru. Jika kamu punya tambahan lainnya, silakan berikan pendapat kamu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

  Review Keyboard Logitech K480  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something “Talk More Do More” | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ‘ ad_jossy ‘.