Mungkin banyak orang yang sudah membandingkan mana ponsel terbaik di MWC 2018 kemarin dan jika membicarakan ponsel terbarik, tentu saja kita akan tertuju pada dua OEM ponsel ternama yakni Sony dengan Xperia XZ2 dan Samsung Galaxy S9.

Baca:

Keduanya hadir dengan desain yang berbeda dan juga fitur serta spesifikasi yang berbeda pula, tapi tampaknya lebih banyak orang yang memilih Galaxy S9 ketimbang Xperia XZ2. Walaupun memang Samsung Galaxy S9 lebih menarik, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dan menurut DroidPoin sendiri seri Xperia XZ2 lebih layak kamu pilih ketimbang Galaxy S9.

Buat yang sudah penasaran, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Xperia XZ2 lebih layak kamu beli dibandingkan Samsung Galaxy S9:

1. Rekaman Video 10-bit HDR di 4K

Sebenarnya, Samsung bisa saja menjadi OEM pertama dengan kemampuan ini. Tapi entah karena hal apa meraka justru tidak memanfaatkan hal ini, padahal Qualcomm Snapdragon 845 sudah mendukung fitur pengambilan video true HDR di resolusi 4K dan juga Samsung Galaxy S9 hadir dengan kemampuan kamera yang luar biasa.

Pada akhirnya, justru Sony lah yang pertama kali memperkenalkan fitur ini pada ponsel Xperia XZ2 tepat 12 jam setelah Samsung memperkenalkan Galaxy S9. Buat yang penasaran dengan fitur ini, ada baiknya kamu cek video berikut:

 

2. 960fps Super Slow Motion Video di resolusi Full HD

Nah, inilah salah satu hal yang menarik, seperti yang kamu tahu pada saat dirilis pertama kali Galaxy S9 dibekali dengan kemampuan merekam video super slow motion (960fps) sama seperti seri Xperia XZ Premium. Tampaknya, Sony langsung bertindak cepat dan merasa bahwa ini merupakan waktu yang tapat untuk mengubah pengaturan resolusi video slow motion pada ponsel Xperia dan hasilnya pun terbilang cukup oke. Setidaknya, hal ini bisa menjadikan pembeda untuk kamu yang senang dengan video-video super slow motion.

 

3. Baterai Lebih Besar dan Harga yang (Mungkin) Lebih Rendah

Alasan ketiga, tentu saja kapasitas baterai yang digunakan. Xperia XZ2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3180mAh sedangkan Galaxy S9 hanya 3000 mAh. Walaupun berbeda tipis, tapi resolusi layar yang digunakan pada kedua smartphone ini berbeda pula dan tentunya menjadi faktor penentu, Xperia XZ2 menggunakan resolusi Full HD+ sedangkan Galaxy S9 menggunakan resolusi Quad HD+ yang mana tentunya akan menghabiskan baterai ponsel kamu lebih cepat.

Selain itu harga juga menjadi pertimbangan utama, di beberapa wilayah Xperia XZ2 kabarnya akan dibanderol lebih mahal dibandingkan Galaxy S9. Tapi beberapa wilayah juga kabarnya akan membanderol ponsel Xperia XZ2 dengan harga yang lebih rendah dibandingkan Galaxy S9. Jika Galaxy S9 dibanderol dengan harga sekitar Rp 11,5 jutaan, maka seri Xperia XZ2 dibanderol dengan harga kurang dari Rp 11 juta!

 

4. Update Android yang Cepat

Seperti yang kamu tahu, update Android untuk Xperia dirilis dengan begitu cepat hanya dalam kurun waktu 2 bulan setelah dirilis, biasanya update Android versi terbaru bakal tersedia untuk perangkat Xperia dan hal ini berbeda sekali dengan Samsung yang terkenal begitu lambat dalam urusan memberikan update Android terbaru ke ponsel miliknya.

Tapi, untuk alasan terakhir, DroidPoin masih belum bisa memastikannya karena Android 8.0 Oreo sendiri hadir dengan Project Treble yang kabarnya bisa membuat update Android menjadi lebih cepat karena update Android dilakukan  tanpa perlu merubah atau memperbarui VI “Vendor Interface” yang sudah terbentuk dalam OS Android sebelumnya, cukup lakukan tes kompatibilitas dan VTS bakal mengubah VI sesuai dengan OS Android Baru. (Baca: Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!)

Nah itulah gaes beberapa alasan kenapa Xperia XZ2 lebih layak kamu beli dibandingkan Galaxy S9. Tapi sayangnya, ponsel Xperia XZ2 dipastikan tak akan hadir di Indonesa, kalaupun hadir pasti tidak memiliki garansi resmi Sony Indonesia.

So, mana yang bakal kamu pilih? Xperia XZ2 atau Galaxy S9?

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.