via Droid Life

Tanggal 9 Mei kemarin, Google resmi merilis Android P Developer Preview 2 di event Google I/O. Ada banyak sekali fitur yang dipamerkan oleh Google di Android P seperti gesture, adaptive baterai dan yang lainnya. (Baca: Google Resmi Merilis Android P Developer Preview 2)

Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba membahas fitur-fitur baru di Android P Developer Preview 2. Berikut adalah detailnya:

Adaptive Battery

Di Android P nanti, Google kabarnya bakal lebih mengoptimalkan daya tahan baterai pada ponsel Android kamu dengan memanfaatkan fitur yang bernama Adaptive Battery. Fitur ini sendiri akan lebih berfokus pada konsumsi baterai di aplikasi yang sering kali kamu gunakan.

Jadi, aplikasi yang sering kamu gunakan nantinya akan mendapatkan sebuah prioritas dalam hal daya baterai. Selain sudah menanamkan fitur background apps yang mana aplikasi yang berjalan di belakang layar tidak dapat menggunakan kamera, mikrofon serta konsumsi baterai berlebihan, maka dengan adanya fitur ini Google tentu saja berharap pengalaman menggunakan Android menjadi jauh lebih baik dalam urusan konsumsi daya tahan.

 

Navigasi dengan Gesture

via Google

Fitur gesture tampaknya menjadi elemen terpenting di Android P, dengan dihilangkannya tombol recent apps, maka fitur gesture mengemban peran yang begitu penting. Tapi sayangnya, fitur ini dianggap meniru fitur yang ada di iPhone X dan DroidPoin pun merasakan hal tersebut.

 

Rotasi Manual

via Google

Kabar baik untuk kamu yang kurang suka dengan fitur auto rotasi! Di Android P, nantinya kamu bisa melakukan rotasi secara manual dengan cara yang begitu mudah. Cukup tekan indikator (ikon) rotasi horizontal / vertikal yang ada pada pojok layar kamu dan nantinya layar ponsel Android kamu akan mengikuti posisi layar ponsel kamu.

 

App Actions

Mirip seperti Huawei yang sudah mengandalkan AI di hampir setiap elemen ponsel, maka Google pun tak ingin ketinggalan. Mereka menanamkan AI di hampir setiap elemen Android P, termasuk aplikasi.

OS Android P nantinya akan memprediksi apa yang akan kamu lakukan selanjutnya, atau yang sering kamu kerjakan dan berbagai hal lainnya. Tapi sayang, aplikasi ini hanya bekerja untuk aplikasi Google dan beberapa aplikasi populer seperti Spotify dan lain-lain.

 

Digital Wellbeing

via Google

Fitur ini merupakan sebuah fitur lama yang di remake kembali. Digital wellbeing memberikan tampilan menarik untuk aplikasi Timer dan Wind down (sejenis night mode yang telah disesuaikan). Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan dashboard yang mana akan menampilkan statistik dari ponsel Android kamu.

Nah, itulah beberapa fitur baru yang hadir di Android P Developer Preview 2. Sebenarnya ada beberapa fitur minor menarik lainnya, tapi DroidPoin rasa fitur-fitur yang ada di atas yang akan memberikan dampak paling signifikan di Android P nanti. 😃

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.