Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Pendistribusian update Android Oreo tampaknya sudah mulai dibagikan secara merata oleh berbagai OEM, mulai dari Samsung, Sony, Asus, Huawei, LG, Xiaomi dan yang lainnya. Tapi, dari beberapa OEM yang DroidPoin sebutkan tadi, ada yang memberikan update secara cepat dan ada pula yang merilis update tersebut secara lambat.

Nah, dikesempatan kali ini DroidPoin akan coba bagikan daftar mana saja OEM yang paling cepat dalam merilis update Android Oreo. Berikut ini adalah detailnya:

1. Google

7 Smartphone Android dengan Prosesor Snapdragon 821 yang Menarik Dibeli

OEM pertama tentu saja adalah Google, sebagai pengembang Android rasa-rasanya tak mungkin jika ada OEM lain yang mampu mendahului Google, kecuali jika perangkat tersebut tidak menggunakan Android.

Google sudah merilis update Android Oreo hampir ke semua ponsel miliknya seperti Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL dan tablet Android miliknya. Tapi sayang, lini ponsel Android One seperti Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto X4 masih belum mendapatkan update di hari yang sama dengan Pixel.

Perangkat Android One seperti Xiaomi Mi A1 dan Motorola Moto X4, baru mendapatkan update tersebut pada awal tahun 2018 dan itu pun hadir dengan beragam permasalahan sehingga menyebabkan drama tarik ulur update.

 

2. Sony

Update Android Oreo untuk Xperia XZ Premium Resmi Tersedia

Diposisi ke-2 ada Sony, OEM asal Jepang tersebut selalu menjadi yang terdepan dalam urusan update Android versi terbaru selama beberapa tahun kebelakang. Sayangnya, dengan menjadi yang pertama, Sony melupakan sesuatu hal yang penting dalam masalah ini.

Yup, betul sekali, update Androdi terbaru yang diberikan Sony masih berisi cukup banyak permasalahan bug, sehingga user merasa kurang nyaman akibat hal tersebut. Tapi untungnya, perbaikan bug segera dihadirkan dalam kurun waktu beberapa minggu ke depan.

 

3. HMD Global / Nokia

via HMD

HMD Global bukanlah pemain baru dibidang teknologi karena hal tersebutlah mereka bisa menjadi yang terdepan dalam urusan update Android. Berdasarkan fakta dilapangan, seri Nokia 8 resmi mendapatkan update pada bulan ke-3 setelah Android Oreo resmi dirilis pada bulan Agustus lalu (lebih lambat sebulan jika dibandingkan dengan Sony).

Tapi, update yang diberikan HMD Global untuk ponsel Nokia terbilang cukup oke, karena berbagai bug sudah berhasil diminimalkan dan menariknya, hampir semua lini ponsel Nokia mendapatkan update Android Oreo baik itu dari versi flagship hingga budget seperti Nokia 2 & Nokia 3.

 

4. OnePlus

Perbedaan OnePlus 6 dan OnePlus 5T — Perlukah Upgrade?

Diurutan ke-4 ada brand asal China (tapi bukan Xiaomi, Oppo, ataupun Vivo) mereka adalah OnePlus. Brand OnePlus memang terkenal rajin dalam merilis update Android versi terbaru sejak beberapa tahun ke belakang.

OxygenOS yang mana merupakan base OS di OnePlus terkenal sangat minim kustomisasi, sehingga sangat mudah sekali untuk OnePlus memberikan update Android terbaru tanpa banyak merubah hal ini dan itu. Berdasarkan data yang DroidPoin peroleh, OnePlus pertama kali merilis update tersebut untuk perangkat OnePlus 5 & 5T (update tersebut digulirkan beberapa hari setelah HMD merilis update untuk Nokia 8).

 

5. Asus

Asus Siap Rilis Update Android Oreo untuk Seri Zenfone 4

Hal yang cukup mengejutkan hadir di update Android Oreo, dimana ponsel Asus justru terbilang cukup cepat dalam merilis update Android terbaru. Pihak Asus berhasil menggulirkan update Android Oreo untuk seri ponsel Zenfone 4 & 3 pada bulan Desember dan Awal Agustus.

 

6. Xiaomi

Mi A1

Dibandingkan tahun lalu (saat perilisan update Android Nougat), Xiaomi terbilang cukup cepat merilis update Android Oreo ke smartphone miliknya. Hal ini tak terlepas dari adanya ponsel yang terdaftar dalam program Android One yakni Xiaomi Mi A1.

Tapi ternyata tidak demikian, tak lama setelah update Android Oreo untuk Mi A1 diresmikan ada beberpa ponsel Xiaomi yang menggunakan MIUI kebagian update Oreo, diantaranya adalah Redmi Note 5, Redmi Note 5 Pro dan lain-lain.

 

7. Huawei / Honor

Huawei Segera Perkenalkan Honor V10 di Akhir Bulan November

Performa Huawei dalam merilis update Android Oreo terbilang cukup lamban jika dibandingkan dengan versi Android sebelumnya. Sejauh ini Huawei sudah memberikan update ke beberapa ponsel miliknya seperti seri Huawei Mate 10, P10, Mate 9, Honor 9, Honor 7X dan yang lainnya.

Tapi jika dibandingkan dengan Xiaomi, Huawei masih lebih Oke. Pasalnya, update Android yang Huawei berikan untuk ponsel miliknya jauh lebih merata, karena tak hanya ponsel baru saja yang mendapatkan update, ponsel lawas pun masih mendapatkan update ini, walaupun harus menanti update tersebut cukup lama.

 

8. Motorola / Lenovo

Moto X4 versi RAM 6GB – via GSM Arena

Hmmmmmm, DroidPoin sendiri sudah tak kaget jika seandainya Motorola yang kini menjadi bagian dari Lenovo terbilang lambat dalam merilis update Android Oreo. Pasalnya, dalam perilisan update Android Nougat, Motorola pun tidak terlalu cepat dalam urusan update dikarenakan ROM yang mereka gunakan sudah mendapati cukup banyak perubahan, sehingga memerlukan waktu sedikit lebih lama jika dibandingkan OEM lain.

 

9. Samsung

Review Android Oreo Galaxy S8 Final Indonesia

Di posisi ke-9 ada sang rajanya Android, yup betul sekali Samsung berada di posisi ke-9 dalam urusan update Android kali ini. Sama seperti Motorola, Samsung Experience yang merupakan ROM pada ponsel Samsung sudah mendapati cukup banyak perubahan, sehingga memerlukan waktu sedikit lebih lama jika dibandingkan OEM lain.

Jadi, jangan heran jika pada update Android terbaru nanti, Samsung akan berada pada posisi belakang lagi.

 

10. LG

via LG

Mungkin yang paling underperform dalam urusan update kali ini adalah LG, sebagai salah satu OEM yang terbilang cukup cepat dalam merilis update Android versi sebelumnya, kini LG menjadi yang paling lambat, bahkan lebih lambat dari Samsung.

Hal ini tak terlepas dari permasalahan yang ada di internal LG. Selain itu, perubahan arah perusahaan LG yang tak lagi fokus dalam bidang ponsel pun berpengaruh besar dalam hal ini, jadi kamu jangan heran jika pada update selanjutnya LG tidak akan merilis update secepat sebelumnya.

Tapi, LG sudah berjanji bahwa mereka akan lebih cepat dalam merilis update di kemudian hari dengan merilis software updater baru di perangkatnya.

Nah, itulah gaes daftar OEM yang paling cepat dalam menyalurkan update Android Oreo dan semoga data yang DroidPoin bagikan ini bisa bermanfaat bagi kamu dalam menentukan ponsel Androidmu selanjutnya.

So, ponsel Android kamu berada di posisi berapa?

  7 Tips Pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.