via HMD Global / Nokia

Update: Tampaknya terdapat kesalahan dari pihak Nokia, mereka kabarnya merilis update Developer Preview 4 Android Pie, bukan versi final. 😁

Seperti yang sudah kamu tahu, Android 9.0 Pie akhirnya resmi dirilis oleh Google kemarin dan untuk saat ini tidak banyak ponsel Android yang bisa mencicipi versi terbaru dari Android tersebut, hanya ponsel Google yakni Pixel dan ponsel Essential milik Andy Rubin.

Baca juga:

Tapi jangan samakan update Android kali ini dengan update Android yang sebelum-sebelumnya, karena seperti yang sudah kamu ketahui pada update Android Oreo yang dirilis tahun kemarin, Google menanamkan sebuah fitur bernama Project Treble.

Project Treble ini memungkinkan update Android bakal tersedia lebih cepat untuk semua vendor ponsel, pasalnya setiap vendor dapat melakukan update Android pada perangkat tanpa perlu merubah atau memperbarui VI “Vendor Interface” yang sudah terbentuk dalam OS Android sebelumnya, cukup lakukan tes kompatibilitas dan VTS bakal mengubah VI sesuai dengan OS Android Baru. (Baca: Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!)

Hal yang paling terasa dari Project Treble ini bisa kamu lihat disaat perilisan Android Pie developer preview ke-2 ketika event Google I/O dilangsungkan, pada event tersebut ada beberapa perangkat non-Google yang bisa mengikuti program Android beta (menjadi bagian dari beta tester Android P), sehingga memungkinkan pengguna mencicipi Android P terlebih dahulu. (Baca: Tak Hanya Pixel, Inilah Daftar Ponsel yang Bisa Mencoba Android P Developer Preview 2)

Hari ini, DroidPoin mendapatkan kabar bahwa Android 9.0 Pie akhirnya hadir di Nokia 7 Plus. Hal ini tentu saja bukanlah sesuatu yang mengejutkan, pasalnya Nokia 7 Plus merupakan salah satu ponsel yang menjadi bagian dari program Android One milik Google, terlebih lagi perangkat tersebut juga masuk ke dalam program Android Beta sama seperti Essential phone.

via NPU

Untuk kamu pengguna Nokia 7 Plus yang ingin mengunduh update ini, caranya sangatlah mudah. Kamu cukup pergi ke pembaruan software dan cek ketersediaan update tersebut, update Android 9.0 Pie untuk Nokia 7 Plus sudah digulirkan via OTA sejak beberapa jam lalu dan update ini punya ukuran yang cukup besar yakni sekitar 1173 MB. Jadi, jika kamu hendak mengunduh update ini silakan hubungkan perangkat kamu ke Wi-Fi agar mendapatkan koneksi yang stabil dan lebih cepat tentunya.

Update ini menghadirkan beberapa hal baru untuk Nokia 7 Plus salah satu diantaranya ada Adaptive Batery, Adaptive Brigthness, Navigasi Gesture dan berbagai hal menarik lainnya. Tapi karena update ini sendiri tersedia via OTA, maka bisa dipastikan bahwa ketersediaannya masih belum menyeluruh. Mungkin perlu sedikit waktu tambahan sebelum nantinya update ini akan tersedia untuk perangkat kamu, jadi harap bersabar yah gaes.

via NPU

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.