Seperti yang sudah kita ketahui bersama, beberapa waktu yang lalu Google baru saja meresmikan versi Android terbaru yakni Android 9.0 Pie dan beberapa perangkat seperti Google Pixel dan Essential Phone sudah mulai menerima update tersebut.

Baca juga:

Nah, beberapa hari lalu Google akhirnya meresmikan Android 9.0 Pie (Go Edition) yang mana merupakan update lanjutan dari Android 8.1 Oreo (Go Editon) yang diperkenalkan oleh Google pada akhir tahun kemarin.

Untuk kamu yang belum tahu, Android Go merupakan program baru dari Google, program ini bertujuan untuk menciptakan ponsel Android dengan spek rendah tetapi tetap dapat menjalankan versi Android terbaru dengan lancar tanpa masalah. Pada program Android Go, Google menjelaskan bahwa ada 3 hal penting yang menjadi tumpuan pada pada program ini yakni OS, Google Apps dan Play Store. (Baca: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Android Go!)

via Google

Sedikit berbeda dengan OS Android Go sebelumnya, melalui blog resmi miliknya Google menjelaskan bahwa Android 9 Pie (Go Edition) diklaim lebih hemat lagi dalam mengatur ruang penyimpanan. Dari data yang dibeberkan oleh Google, di Android 9.0 Pie (Go Editon) kamu nantinya bisa menghemat penyimpanan internal pada ponsel kamu sekitar 500MB lebih banyak dibandingkan OS Android Oreo (Go Edition).

Tapi sayang, mereka (Google) tidak menjelaskan apakah ada peningkatan pada sektor performa dan manajemen RAM di OS Android Go terbaru. Hal tersebut tentu saja mengingatkan DroidPoin akan Nokia 1 yang mana merupakan ponsel Android Go, tapi performanya terbilang biasa saja. (Baca: Unboxing Nokia 1 Indonesia — Android Go Pertama Nokia!)

via Google

Perangkat yang menggunakan OS Android 9.0 Pie (Go Edition) dijadwalkan akan tersedia di pasaran sekitar akhir tahun 2018 nanti dan sebagai tambahan informasi untuk kamu, saat ini ponsel berbasis OS Android Go sudah mulai hadir di pasaran sejak bulan april lalu. Google mengatakan bahwa saat ini sudah ada lebih dari 200 perangkat dengan OS Android Go yang tersebar di 120 negara!

So, bagaimana penadpat kamu mengenai hal ini? Silakan berikan di kolom komentar. 🙂

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.