Nokia 1 tidak didesain untuk semua orang, terlepas dari kelebihan Nokia 1 yang sudah saya bahas sebelumnya — Nokia 1 punya beberapa kekurangan yang perlu kamu jadikan pertimbangan. Saya sudah pake smartphone ini selama beberapa hari terakhir, dan di video ini bakal saya kupas tuntas kekurangan Nokia 1 — yang sebaiknya kamu tahu sebelum memutuskan beli Nokia 1.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info teknologi terbaru setiap hari

Masih Tertarik Beli Nokia 1..??


Bagi kamu yang lebih suka membaca review kekurangan Nokia 1 daripada melihat video review Nokia 1 Indonesia diatas, berikut ini DroidPoin sertakan ulasan Nokia 1 dalam format artikel.

1. Crash / Force Closed

Kekurangan pertama, Google Play di Nokia 1 sering banget crash — Apalagi kalo kamu install dua atau lebih aplikasi bersamaan, kemungkinan besar kamu pasti menemui crash.

Crash di Google Play ini sangat mengganggu, terutama saat ada update aplikasi yang dirilis. Jadi kalo ada update aplikasi, sebaiknya kamu update satu per satu — begitu juga saat install aplikasi — lakukan bergantian secara manual.

2. Storage Terlalu Minim

Kekurangan kedua ada di kapasitas storage yang terlalu minim. 8GB ini langsung penuh begitu saya install aplikasi dasar yang biasa saya pake sehari-hari. Sehingga kalo ada update atau pengen install aplikasi baru, saya diharuskan menghapus dulu beberapa aplikasi terinstall.

Memang ada Files Go yang memudahkan bersih-bersih storage, tapi itu tidak cukup, menambahkan microSD adalah hal wajib kalo kamu pake Nokia 1 ini.

3. Resolusi & Kualitas Rekaman Video

Kekurangan ketiga ada di hasil rekaman video. Sebenarnya kamera depan Nokia 1 ini bisa merekam video dengan hasil yang bagus, tapi resolusi maksimal hanya di SD 480p. Ini rendah banget. Sedangkan hasil rekaman kamera belakang beberapa kali terlihat patah-patah, dengan resolusi maksimal HD 720p. Format hasil rekaman baik kamera depan ataupun kamera belakang berupa file 3gp.

Untuk hasil jepretan kamera depan standar, dan kamera belakang sebenarnya bagus dan tajam — hanya saja fokusnya buruk. Jadi kalo kamu ambil foto obyek dalam jarak dekat, pasti akan kesulitan mendapatkan fokus.

4. Performa

Kekurangan keempat ada di performa. Dengan cuman 1GB RAM, performanya memang sedikit lebih baik dibanding smartphone 1GB RAM lainnya.

Tapi jangan dikira kalau Android Go secara ajaib langsung bikin performa Nokia 1 lancar banget dan menang jauh dari kompetitornya. Tidak. Masih tetep ada lag yang muncul saat dipakai, dan performa multi-tasking juga masih pas-pasan sewajarnya ponsel low-end.

Untuk gaming ringan seperti Subway Suffer, hill climb racing, Nokia 1 sangat bisa diandalkan. Untuk browsing lancar, asal tidak buka terlalu banyak tab. Untuk performa harian seperti buka aplikasi sosmed juga mumpuni, asal tidak terlalu banyak multitasking.

Saya tetap berpendapat kalo Android 1GB RAM, meskipun sudah menggunakan Android Go — tetep kurang optimal. Idealnya, agar bisa fungsional dan nyaman digunakan, minimal smartphone Android punya 2GB RAM.

5. Kompetisi Harga

Kekurangan kelima ada di kompetisi harga. 950 ribu memang murah untuk smartphone Android yang baru dirilis seperti Nokia 1. Tapi dengan harga yang sama, ada opsi lain seperti smartphone jadul Xiaomi Redmi 2 — yang meskipun bukan keluaran baru, tetapi sudah dilengkapi 2GB RAM dan 16GB storage yang lebih reasonable.

Diluar itu, kalo dibandingkan dengan smartphone yang sama-sama punya 1GB RAM dan 8GB storage seperti Andromax A, atau SPC L54 Optima, Nokia 1 masih lebih worth it dipilih karena sudah pake Android Go.

Untuk fitur seperti baterai cukup standar, 10 jam penggunaan ringan seperti chat dan telepon — dan 4 sampai 6 jam untuk penggunaan menengah seperti browsing dan YouTube an

Itulah dia 5 kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum beli Nokia 1. Pastikan kamu pertimbangkan juga dengan kelebihan Nokia 1 yang sudah saya jelaskan di video sebelumnya.

Tonton video 7 kelebihan Nokia 1 berikut ini:

Pada intinya, kalo kamu pengen performa lancar, pengen gaming, atau butuh melakukan tugas-tugas berat, sebaiknya jangan beli Nokia 1 dan pilih smartphone lain yang lebih mumpuni.

Nokia 1 ini didesain buat orang yang butuh hemat, hemat sewaktu beli, hemat di pemakaian, atau yang selama ini masih pake dumb-phone dan pengen menikmati experience terkini Android dengan biaya serendah mungkin.

Sampai disini dulu ulasan kali ini, sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pertanyaan seputar Nokia 1 atau Android Go, dan sampai bertemu di video tekno menarik lainnya, besok!