via Spidersweb

Android 9.0 Pie sudah diresmikan Google pada awal bulan ini dan beberapa smartphone seperti Google Pixel dan Essential sudah mendapatkan update tersebut. Sedangkan OEM lain seperti Nokia, Sony, hingga Motorola baru akan menggulirkan update untuk smartphone miliknya mulai bulan September mendatang.

Baca juga:

Jika kamu masih ingat, informasi terkahir yang DroidPoin sampaikan menyebutkan bahwa Huawei juga sudah mulai menguji Android 9.0 Pie pada 4 smartphone miliknya yakni Huawei Mate 10, Huawei P20, Honor 10 dan Honor V10. (Baca: 4 Ponsel Huawei Dipastikan Bisa Segera Cicipi Android 9.0 Pie Beta)

Tampaknya, informasi tersebut memang benar adanya. Salah satu pegawai Huawei di Afrika Selatan mengatakan bahwa EMUI 9 berbasis Android 9.0 Pie akan diperkenalkan pada event IFA 2018 mendatang dan ponsel pertama yang akan mendapatkan update tersebut adalah seri Huawei P20.

Sebagai tambahan infromasi untuk kamu, update Andorid 9.0 Pie bisa didistribusikan lebih cepat ke berbagai device (OEM) dikarenakan adanya sebuah fitur baru bernama Project Treble sejak di Android 8.0 Oreo.

Project Treble ini memungkinkan update Android bakal tersedia lebih cepat untuk semua vendor ponsel, pasalnya setiap vendor dapat melakukan update Android pada perangkat tanpa perlu merubah atau memperbarui VI “Vendor Interface” yang sudah terbentuk dalam OS Android sebelumnya, cukup lakukan tes kompatibilitas dan VTS bakal  mengubah VI sesuai dengan OS Android Baru. (Baca: Project Treble di Android O Memungkinkan Update Android Tersedia Lebih Cepat!)

So, mari kita nantikan saja bersama perilisan dari EMUI 9.0 berbasis Android Pie beberapa waktu ke depan. Tentu saja jika sudah tersedia, DroidPoin pasti akan segera mengabarkannya ke kamu.

via MyBroadband

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.