Diawal bulan Agusutus lalu, Qualcomm baru saja meresmikan seri prosesor mid-end terbaru miliknya yakni Snapdragon 670. Prosesor tersebut ditujukan untuk kamu yang ingin mendapatkan dukungan AI jauh lebih baik dibandingkan seri Snapdragon 660, tapi tetap dengan harga yang terjangkau. (Baca: Qualcomm Resmi Merilis Snapdragon 670 — Apa Kelebihannya?)

Ternyata, kamu tak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahui suksesor dari seri Snapdragon 670! Pasalnya, hari ini Qualcomm baru saja meresmikan Snapdragon 675 dengan performa yang jauh lebih baik jika dibandingkan 670, plus kabarnya prosesor ini ditujukan untuk kamu yang ingin merasakan peningkatan ketika bermain game!

Chipset ini ditenagai oleh dua inti CPU yakni Kryo 460 yang berbasis Cortex-A76 untuk performa dan CPU tersebut dapat mencapai frekuensi hingga 2.0 GHz. Lalu, ada juga enam core CPU Cortex-A55 1,7 GHz yang hemat daya. Dengan peningkatan yang cukup signifikan tersebut, Qualcomm mengklaim bahwa akan ada peningkatan ketika kamu membukan game, web browsing, musik dan sosial media hingga 35% lebih cepat jika dibandingkan dengan chipset sebelumnya!

Tidak hanya itu, chipset ini juga mendukung Qualcomm Spectra 200 series ISP yang mana mampu menerapkan dukungan triple kamera dan beberapa fitur keren lain seperti 5x optical zoom, real-time bokeh, super wide angle serta 3D face unlock. Sedangkan untuk GPU, Qualcomm masih mengandalkan seri Adreno 612.

Yang paling menarik, Qualcomm mengatakan bahwa di prosesor ini OEM seharusnya sudah bisa menerapkan fitur layar 120Hz layaknya Razer Phone, karena mereka sudah memberikan dukungan untuk fitur tersebut dengan bekerjasama bersama Unity and Unreal engine. Tapi, DroidPoin rasa hal tersebut cukup sulit terealisasi karena fitur tersebut tentu saja merupakan salah satu fitur andalan di ponsel gaming yang notabene merupakan seri flagship. Jadi, mari kita nantikan saja OEM mana yang terlebih dahulu berani menerapkan fitur tersebut ke ponsel mid-end mereka.

Sayang, chipset ini masih menggunakan modem X12 yang tandanya belum mendukung jaringan 5G (karena jaringan 5G Qualcomm hanya mendukung modem dengan seri X50), sehingga kecepatan downlink maksimum yang bisa dihasilkan chipset ini masih berada diangka 600 Mbps dan uplink hingga 150 Mbps.

Berdasarkan informasi yang DroidPoin terima, seri prosesor ini baru akan disuplai ke OEM mulai awal Januari 2019 mendatang dan ada kemungkinan kita bisa melihat device dengan prosesor tersebut pada event MWC tahun depan.

via Qualcomm

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.