Di headline tekno kali ini kita ngobrolin dua flagship Android yang bakal dirilis bulan ini, yaitu Mi Mix 3 dan Honor Magic 2, keduanya device yang beda, tapi sama-sama berhasil menghilangkan notch.

Dua smartphone yang bakal mencuri perhatian di bulan ini adalah Mi Mix 3 dan Honor Magic 2. Keduanya sama-sama flagship, sama-sama layar penuh minim bezel, dan keduanya sama-sama nggak punya notch! Lalu dimana Xiaomi dan Honor menyembunyikan kamera? Jawabannya sama-sama di slidernya. Jadi baik Mi Mix 3 atau Honor Magic 2, punya slider yang kalo kamu geser bakal munculin kamera.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Kalo kamu inget, waktu Essential Phone dirilis dengan notch kecil dulu, berbagai brand Android belum begitu tertarik rilis smartphone dengan notch. Tetapi begitu iPhone X dirilis dengan notch lebar, satu per satu brand Android mulai merilis smartphone dengan notch, dan ini masih jadi trend sampai sekarang.

Tetapi beberapa brand Android berani ambil resiko dengan mengambil jalan lain, yaitu menghilangkan notch sepenuhnya. Ada VIVO yang merilis Vivo NEX, lalu Oppo dengan Oppo Find X — keduanya menyembunyikan kamera untuk menghilangkan notch, dan memunculkannya secara otomatis pake motor.

Nah sekarang muncul approach yang beda dari Xiaomi dan Honor melalui Mi Mix 3 dan Honor Magic 2, yang saya yakin approach ini lebih simple, murah, dan mudah diadopsi oleh brand Android lain di berbagai kelas smartphone, yaitu menggunakan slider manual.

Kamera disembunyikan di slider, layar di push sehingga penuh sampai keatas, dan notch, ilang sepenuhnya.

Desain seperti ini bisa jadi awal dari berakhirnya era notch di hape Android, who knows? Sekarang memang masih diadopsi untuk flagship, tapi siapa tahu kedepan juga bakal diadopsi juga untuk smartphone di kelas mid-end. Karena dengan desain ini layar benar-benar bisa tampil penuh, tetapi kamera juga tetap fungsional dengan desain dan experience yang simple.

Mi Mix 3 bakal diperkenalkan Xiaomi 25 Oktober 2018 besok, dengan bocoran specs super power, snapdragon 855, ini kalo bener Mi Mix 3 bakal jadi smartphone pertama yang pake Snapdragon 855 — lalu ada 8 sampai 10GB RAM, support koneksi 5G, dan layar penuh 6,4 inch FHD+ tanpa notch.

Sedangkan Honor Magic 2 bocorannya bakal hadir dengan Kirin 980, 8GB RAM dan 128GB storage, layar 6,4 inch AMOLED FHD+, kamera selfie 16MP, dan tiga kamera belakang, 16 + 24 + 16MP. Honor Magic 2 juga bakal hadir dengan smart assistant baru, bernama yoyo.

Seperti biasa DroidPoin bakal ulas dengan lebih detail seputar Mi Mix 3 dan Honor Magic 2 begitu udah resmi diperkenalkan nanti. Sampaikan di kolom komentar, pendapat kamu tentang upaya brand Android dalam menghilangkan notch — yang menurut saya sangat menarik dan kreatif, terutama untuk lepas dari bayang-bayang Apple.