Sebelum era Pixel dimulai, Google sudah terlebih dahulu memperkenalkan seri Nexus yang mana merupakan ponsel Android hasil kerjasama antara Google dengan berbagai OEM Android lainnya dan tampaknya, kemarin adalah hari terakhir dari sebuah era (khusus untuk ponsel Nexus)!

Yups, Google akhirnya merilis update terakhir untuk seri ponsel Nexus 5X dan Nexus 6P yang diresmikan pada tahun 2015 silam. Update tersebut tidak berisikan update Android versi terbaru karena Android 8.1 Oreo merupakan update besar terakhir untuk kedua perangkat tersebut, update ini hanya berisikan patch keamanan untuk bulan November 2018 dengan nomor build OPM7.181105.004.

Seperti yang kita ketahui bersama, Google selalu menjanjikan ponsel miliknya akan mendapatkan update versi Android terbaru selama 2 tahun dan update patch keamanan 1 tahun selanjutnya. Untuk lebih jelas, ada baiknya kamu lihat informasi detail mengenai update untuk seri Nexus 5X dan Nexus 6P di bawah ini:

via Google

Dengan demikian, berakhir sudah era ponsel Nexus yang dimulai oleh Nexus One hasil kerjasama antara Google dan HTC yang diresmikan pada tahun 2010 lalu. Tapi kamu gak perlu khawatir, karena Google sudah memiliki penggantinya yakni Pixel.

Sedikit berbeda dengan seri Nexus, Pixel ini merupakan ponsel yang dibuat langsung oleh Google (jika kamu masih ingat dengan event #MadeByGoogle). Tapi sesungguhnya tidaklah demikian, Google masih tetap meminta bantuan dari berbagai OEM untuk merakit ponsel tersebut. Untuk dukungan update juga sedikit berbeda, jika seri Nexus hanya mendapatkan update versi Android terbaru selama 2 tahun dan update patch keamanan 1 tahun selanjutnya, maka Google Pixel mendapatkan dukungan update serta patch keamanan selama 3 tahun penuh. (Baca: Google Perpanjang Dukungan Update OS dan Keamanan untuk Pixel 3 & Pixel 3 XL?)

So, untuk kamu pemilik seri Nexus 5X dan Nexus 6P, silakan cek ketersediaan update tersebut diperangkat kamu dan selamat menikmati dukungan terakhir pada perangkat kesayanganmu.

via 9to5Google

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.