Tak ingin tertinggal dari kompetitornya, Samsung hari ini meresmikan prosesor terbaru andalannya! Ternyata, prosesor yang dirilis oleh Samsung hari ini yakni Exynos 9820 mungkin saja bakal menjadi otak dari salah satu seri ponsel Samsung Galaxy S10 yang kemungkinan dirilis pada event MWC bulan Februari tahun depan.

Memang, apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Exynos 9820? Nah, buat kamu yang penasaran, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba membahasnya secara detail.

Belum menggunakan arsitektur 7nm dan terfokus di AI

Sebelum masuk ke berbagai fitur andalan yang ditawarkan oleh Exynos 9820, DroidPoin ingin memberikan informasi bahwa sebenarnya prosesor buatan Samsung ini masih belum menggunakan arsitektur 7nm seperti para pesaingnya (Huawei dan Apple). Samsung kabarnya masih belum siap mengumumkan seri prosesor tersebut, sehingga seri Exynos 9820 ini hanya menggunakan arsitektur 8nm.

Diatas kertas memang efisiensi yang ditawarkan prosesor dengan arsitektur 7nm bakal lebih superior, akan tetapi dalam kenyataannya (penggunaan sehari-hari) hal tersebut tak akan terlalu berpengaruh atau berbeda terlalu jauh.

Dan perlu kamu tahu, sama seperti kompetitor yang lainnya, AI sudah menjadi salah satu ranah perang baru di dunia teknologi dan Samsung tak ingin tertinggal dalam bidang tersebut, Maka dari itu, mereka menyematkan NPU (Neural Processing Unit) untuk memaksimalkan AI di prosesor Exynos 9820.

Kabarnya, dengan adanya dukungan dari NPU di Exynos 9820, maka performa AI di prosesor tersebut 7 kali jauh lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Exynos 9810.

 

Performa superior khusus untuk Gaming

Exynos 9820 merupakan prosesor Octa-core yang terdiri atas 2 core custom CPU untuk proses kerja berat, 2 core Cortex-A75 untuk performa yang optimal dan 4 core Cortex-A55 untuk menghasilkan efisiensi daya yang maksimal. Tidak hanya itu saja, prosesor ini juga dilengkapi GPU Mali-G76 MP12 yang kabarnya menawarkan 40% performa yang lebih oke serta 35% peningkatan efisiensi daya jika dibandingkan dengan Exynos 9810.

 

Masuknya era fotografi modern

Prosesor Exynos 9820 mendapatkan dukungan image signal processor (ISP) hingga 5 sensor, termasuk dukungan IR sensor yang tujuannya adalah untuk mengaktifkan flexible multi-camera solutions. Jadi, dengan menggunakan prosesor ini, Samsung tampaknya akan menghadirkan triple kamera utama atau quad kamera utama di seri Galaxy S10 nanti, sama seperti seri Samsung Galaxy A7 / A9 (2018) yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu

Tidak hanya itu saja, prosesor ini juga didesain untuk menghasilkan kualitas foto yang luar biasa dengan dukungan auto-focus yang cepat. Exynos 9820 juga dipercaya bakal menawarkan pengalaman fotografi yang berbeda, dimana sudah adanya dukungan AI untuk hasil foto yang lebih baik serta bisa merekam video dengan resolusi 8K dalam 30fps.

 

Belum mendukung jaringan 5G

Mungkin inilah hal yang cukup mengejutkan, berdasarkan data yang DroidPoin dapatkan dari berbagai sumber, prosesor terbaru milik Samsung ini masih belum mendukung jaringan 5G. Kemungkinan besar mereka masih menunggu kesiapan jaringan 5G di berbagai belahan dunia dan nantinya baru akan menerapkan dukungan 5G secara penuh di prosesor dengan arsitektur 7nm yang akan dirilis pada tahun depan.

Tapi, mereka juga masih terus mengusahakan hal tersebut dapat terjadi. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan modem terbaru mereka yakni Exynos 5100. Jadi, untuk informasi yang lebih detail terkait hal ini, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

 

Ucapkan selamat datang ke UFS 3.0

Dengan diresmikannya prosesor Exynos 9820, pada akhirnya Samsung juga secara resmi memberikan dukungan untuk penyimpanan UFS 3.0. Nah, buat kamu yang belum tahu, UFS (Universal Flash Storage) 3.0 merupakan generasi penyimpanan terbaru yang tengah dipersiapkan oleh Samsung untuk tahun 2019 mendatang. UFS 3.0 ini kabarnya akan menggantikan UFS 2.1 yang diperkenalkan pada tahun 2015 dan saat ini penyimapan dengan UFS 2.1 sering kita temui di seri ponsel flagship. (Baca: Samsung Segera Hadirkan Ponsel dengan Penyimpanan & RAM Tercepat)

UFS 3.0 ini dikabarkan punya write dan read speed yang jauh lebih kencang dibandingkan UFS 2.1, tentu saja hal tersebut akan sangat membantu kamu ketika merekam video dalam format 4K / 8K (yang baru saja diumumkan oleh Samsung) dalam waktu yang cukup lama, karena UFS 3.0 diyakini punya kecepatan yang jauh lebih tinggi dan stabil.

Samsung kabarnya akan mulai memproduksi prosesor ini secara masal di akhir tahun 2018 dan diharapkan pada awal tahun 2019 nanti (ketika seri Galaxy S10 diresmikan), prosesor tersebut sudah siap juga untuk dipasarkan juga.

So, untuk informasi yang lebih detail, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan pastikan kamu nantikan informasi detailnya hanya di DroidPoin.

via Samsung

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.