via Mi Community

Bisa dikatakan jika prosesor MediaTek Helio P60 merupakan salah satu prosesor tersukses buatan MediaTek. Hal ini bisa dilihat dari beberapa OEM yang cukup banyak menggunakan seri prosesor tersebut mulai dari Oppo, Vivo dan lain-lain. Nah, seakan tak ingin ketinggalan momentum, MediaTek baru saja merilis seri prosesor baru yakni MediaTek Helio P70 dan ponsel pertama yang menggunakan ponsel tersebut pun sudah resmi diumumkan yakni Realme U1.

Baca juga:

Nah, ternyata sepak terjang MediaTek tak berhenti sampai disitu, mereka kabarnya sudah menyiapkan seri prosesor baru lagi dan prosesor tersebut adalah MediaTek Helio P90 yang kemungkinan besar akan diresmikan bulan Desember kali ini. Sayangnya, DroidPoin belum mendapatkan informasi detail terkait prosesor tersebut, hanya saja dari beberapa bocoran informasi terakhir, MediaTek Helio P90 punya dukungan AI yang sangat powerfull.

Sama halnya dengan MediaTek Helio P70 dan P60, prosesor MediaTek Helio P90 dikabarkan punya APU (Accelerated Processing Unit) dengan dua inti. Tetapi, APU tersebut bukanlah sembarang APU karena kabarnya MediaTek menggabungkan APU tersebut dengan chip AI Accelerator yang gunanya adalah untuk tugas-tugas khusus AI. Singkatnya, MediaTek mengatakan bahwa dengan pengaturan ini seharusnya prosesor MediaTek Helio P90 dapat memberikan kekuatan komputasi 4x lebih baik dan efisiensi 2x lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya (P60 dan P70).

Sedikit bocoran untuk kamu, AI di prosesor Helio P90 kabarnya mampu mengurangi noise dalam kondisi low-light sekalipun dan ketika dibandingkan dengan seri Huawei P20 Pro, hasilnya sendiri tak terlalu jauh berbeda! Hal ini juga dikonfirmasi oleh Android Authority dan menurut mereka hal tersebut dapat terjadi karena adanya APU and AI Accelerator di prosesor Helio P90.

Tentu saja ini merupakan peningkatan yang sangat signifikan untuk prosesor kelas mid-end terutama dari MediaTek yang selalu berada dibawah bayang-bayang dari Qualcomm. Tapi, untuk informasi yang lebih detail mengenai MediaTek Helio P90, mari kita nantikan saja bersama beberapa hari ke depan.

via Android Authority

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.