via MediaTek

Xiaomi Mi Play resmi meluncur dengan chipset MediaTek Helio P35. Meski menyandang sebagai smartphone gaming murah, tapi beberapa kalangan menyangsikan performa MediaTek. Tapi ternyata dugaan tersebut salah!

Helio P35 merupakan System on Chip terbaru dari MediaTek, dan Xiaomi Mi Play menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset ini. Performa yang dihasilkan chipset ini terbilang cukup menjanjikan, terlihat dari hasil skor benchmark yang beredar.

Baca Juga:

Saat diuji dengan Antutu Benchmark, skor benchmark Mi Play mencapai 86.352. Angka ini sedikit diatas dari chipset Qualcomm, Snapdragon 625 yang sempat menjadi primadona beberapa waktu lalu. Namun skor ini masih lebih rendah dari skor benchmark yang dihasikan dari chipset Snapdragon 636.

via gizmochina

MediaTek Helio P35 dibuat oleh TSMC dengan proses fabrikasi 12nm FinFET. Chipset ini memiliki prosesor octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 2.3GHz. Jika dibandingkan dengan Snapdragon 630 yang juga menggunakan Cortex-A53 dan sama-sama berinti delapan, Helio P35 menawarkan performa yang lebih kencang dan lebih irit daya baterai berkat fabrikasi 12nm, sedangkan Snapdragon 630 masih 14nm dan kecepatannya hanya hingga 2.2GHz.

Untuk urusan grafis, terdapat GPU dari PowerVR GE8320 dengan kecepatan hingga 680MHz. GPU yang sama juga dipakai MediaTek pada chipset Helio P22.

Chipset ini mendukung layar beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 20:9, lalu RAM LPDDR3 dan LPDDR4x RAM (4GB dan 6GB), dan memori eMMC 5.1. Selain itu, smartphone dengan Helio P35 bisa dipasangkan dengan kamera dual hingga 13MP atau hingga 25MP untuk single camera.

Masih untuk foto-foto, chipset ini sudah mendukung fitur Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang dapat menghapus “jello effect” saat merekam objek secara cepat.

Helio P35 juga mempunyai kemampuan AI Face ID (Face Unlock), smart photo album, dan multi-frame noise reduction. Chipset ini telah mendukung koneksi dual-band Wi-Fi, Bluetooth 5.0, VoLTE, dan ViLTE.

Gimana menurut kamu dengan skor tersebut?

via Gizmochina

  12+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Edge Chromium  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.